437 Rabu, 27 Mei 2015 | 04:27:12

Hidup Hemat Harus Di Perkenalkan Ke Anak Sejak Dini

hidup-hemat-harus-di-perkenalkan-ke-anak-sejak-dinikemandirianfinancial

Banyaknya materi yang Anda miliki, tetapi untuk mengajarkan hidup hemat kepada anak-anak itu sangatlah penting. Jadi hidup hemat benar-benar harus diperkenalkan ke anak-anak sejak dini. Pengenalan hidup hemat ini bertujuan supaya ketika dewasa nanti ia bisa mengelola keuangannya sendiri dan tentunya dapat membanggakan Anda sebagai orangtuanya.

Kebanyakan orangtua suka ambil alasan yang mengatakan anak-anak masih susah diatur kalau sudah maunya harus nanti ngambek susah merayunya dan lain sebagainya. Disini kita sebagai orangtua jangan pernah merasa lelah dalam mendidik anak-anak kita demi masa depan mereka.  Justru jika Anda terlalu memanjakannya secara tidak langsung Anda telah menghambat masa depannya.

Berikut cara yang sederhana yang dapat Anda lakukan dalam menerapkan hidup hemat bagi putra putrid tercinta, diantaranya adalah:

•  Pada saat sedang berbelanja bersama anak sebaiknya membeli hanya barang-barang yang memang betul-betul diperlukan.

•  Belikan sebuah celengan dan ajari anak Anda untuk mulai menabung dari uang sakunya sendiri

•  Ceritakan kepada anak bagaimana cara mendapatkan uang. Beritahu pada Anak bagaimana orangtuanya mendapatkan uang dengan kerja keras tentunya. Buatlah Anak Anda bangga kepada orangtuanya yang bekerjakeras untuk mencukupi kebutuhan mereka.

•  Apabila Anda berbelanja dengan anak sebisa mungkin jangan menggunakan kartu kredit jadi gunakanlah pembayaran dengan uang cash. Karena apabila Anda menggunakan kartu kredit di depan Anak di kuatirkan kedepannya anak Anda akan mengikuti jejak Anda dengan berhutang.

•  Sebelum Anda memutuskan untuk membeli keperluan biasakan bandingkan dulu harga dari barang tersebut dan pilihlah yang lebih murah namun kualitasnya tetap bagus. Hal ini sebagai salah satu contoh menerapkan hidup hemat untuk anak.

Jadilah orangtua yang bijak yang mampu membimbing putra putrinya menuju hidup yang lebih baik. Hemat bukan berarti pelit tapi dengan hidup hemat artinya Anda bijak dalam menggunakan uang. Apabila Anak sedari kecil sudah dibiasakan hidup hemat maka akan memudahkan baginya untuk menjalani hidup.

Semoga manfaat

Sumber : ciricara

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel