1305 Rabu, 22 April 2015 | 02:33:32

Cara Pintar Menahan Nafsu Belanja

cara-pintar-menahan-nafsu-belanjamengelolarisiko

Nafsu belanja ini ternyata tidak terjadi dikalangan wanita saja tapi terkadang kaum laki-laki juga doyan yang namanya belanja dan lapar mata juga sama seperti layaknya kaum wanita. Nah’ buat Anda yang punya masalah dan susah banget untuk mengerem nafsu belanjanya cocok banget kalau baca tips berikut ini ;

Pertama, Bawa uang seperlunya

Apabila anda hendak pergi belanja dengan teman sebaiknya Anda membawa uang seperlunya saja jika perlu kartu ATM, Kartu Kredit jangan Anda bawa. Ketiga fasilitas itu akan menggoda Anda untuk berbelanja , apalagi jika ada barang yang di diskon setengah harga, pasti Anda akan berpikir sayang untuk melewati potongan harga apalagi itu barang yang Anda suka.  Menurut Gregory Berns, M.D., associate professor of psychiatry dari Emory School of Medicine, aktivitas berbelanja mampu meningkatkan kadar dopamin di otak. Ketika Anda melihat berbagai barang-barang baru yang menarik mata, perasaan euforia itu semakin meledak-ledak dan tak tertahankan.

Kedua, Belanja sendirian

Tips yang kedua ini juga akan mengurangi rasa ingin berbelanja Anda karena sifat manusia pada umumnya suka latah kalau melihat temannya beli ini itu yang menurutnya menarik jadi ikut-ikutan beli. Terutama bagi kaum hawa yang umumnya senang menjadikan aktivitas berbelanja sebagai salah satu momen untuk bersosialisasi dengan kelompoknya apa-apa mau sama dengan teman kelompoknya.  Jadi lebih baik Anda pergi berbelanja seorang diri atau kalau memang harus bersama teman pergilah dengan satu atau dua orang  teman saja dan tentunya teman  yang terkenal sifat hematnya.

Ketiga, Berbelanjalah dengan menggunakan uang tunai.

Sebisa mungkin hindari yang namanya kartu kredit  karena jika Anda menggunakan cara pembayaran dengan menggunakan kartu kredit  cenderung tidak akan menyadari berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk keperluan berbelanja Anda.

Keempat, Perkuat Iman

Dalam artian Anda harus tahan terhadap godaan berbelanja  oleh karena itu sebisa mungkin hindari memasuki toko-toko yang menjadi favorit Anda dan sudah tentu jika  Anda masuk ketoko itu pasti ada saja barang yang Anda beli meskipun Anda tidak terlalu membutuhkannya. Contohnya,  toko pakaian jika Anda memang menyukai fasion sudah tentu Anda akan embeli barang yang ditawarkan apalagi ada embel-embel diskon, toko pernak-pernik yang baru saja launching, toko ini juga biasanya menjadi toko favorit para kaum hawa. Kendati demikian apabila masih ada kesulitan, tentukan batas maksimum uang yang boleh dibelanjakan di toko itu untuk memuaskan nafsu Anda. Karena apabila terus ditahan dan tidak dilampiaskan maka hal itu justru memicu Anda untuk berbelanja lebih banyak lagi.

Demikianlah tips singkat yang kami berikan semoga manfaat.

Sumber : Ayohemat

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel