710 Rabu, 01 April 2015 | 04:43:05

Cara Cermat Dalam Menjamu Tamu

cara-cermat-dalam-menjamu-tamurumahminimalis

Sebagai tuan rumah Anda harus bisa menjamu tamu Anda sebaik mungkin. Pada dasarnya dalam menjamu tamu itu tidak perlu harus mengeluarkan dana yang besar.  Tamu itu ada yang berdasarkan undang kita yakni  tamu yang memang kita harapkan kehadirannya dan  tamu yang tidak di undang yakni  tamu yang datang tanpa permintaan kita untuk datang.

Untuk tamu yang memang kita undang pastilah kita tidak ingin mengecewakan para tamu atas jamuan yang kita berikan untuk mereka. Oleh karena itu disini kami berbagi tips cara menjamu tamu tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal, diantaranya adalah :

1.    Sebelum Anda berbelanja untuk keperluan menyambut tamu sebaiknya Anda membuat perkiraan biaya. Buatlah catatan daftar belanja dengan rapi agar bisa menjadi panduan pada saat Anda berbelanja.
2.    Belanjalah yang menjadi perioritas terlebih dahulu seperti makanan utama dan minuman. Mengenai dekorasi atau souvenir dapat Anda pikirkan lagi apakah menjadi keharusan atau tidak. Yang terpenting jangan sampai Anda berhutang atau malah belanja di luar budget.
3.    Sebelum Anda mengundang tamu Anda sebaiknya Anda membuat daftar tamu yang akan Anda undang, jika jumlah tamu melebihi budget yang telah Anda tetapkan maka Anda dapat mengurangi jumlah undangan. Memang tidak mudah untuk mengurangi daftar tamu namun yang perlu Anda tekankan disini budget yang telah Anda tetapkan jangan sampai membengkak oleh karena itu undanglah tamu yang benar-benar Anda kenal dan penting dalam kehidupan Anda.
4.    Setelah Anda menetapkan jumlah tamu yang akan Anda undang, Anda juaga harus bisa memastikan apakah tamu yang Anda undang tersebut datang bersama keluarganya atau hanya sendiri. Disinilah biaya yang tak terduga akan diperhitungkan.
5.    Untuk menghemat sajian yang akan Anda hidangkan untuk tamu Anda kurangilah sajian yang mahal seperti daging, minuman alkohol dan lain sebagainya yang bernilai tinggi.
6.    Jika ada tamu yang basa basi menanyakan ‘mau dibawakan apa’? sebaiknya Anda jangan menolaknya, pastikan saja bawaan yang akan dibawa tamu Anda adalah makanan ataupun minuman yang belum tersedia dirumah Anda.
7.    Dalam menjamu tamu tidak harus selalu pada malam hari cobalah untuk membuat undangan makan siang agar lebih santai.
8.    Sebelum Anda memutuskan untuk memasak hidangan untuk tamu sebaiknya Anda menentukan tema dari menu masakan yang akan Anda masak, apakah masakan Indonesia, Eropa atau yang lainnya. Yang perlu Anda perhatikan disini janganlah Anda memasak dengan berbagai macam menu yang menggunakan bahan baku ataupun bumbu yang berbeda-beda karena hal ini akan membuat biaya belanja yang tinggi.
9.    Dalam menentukan tema masakan sebaiknya tentukan satu tema saja apakah menu masakan dari Indonesia (Selera Nusantara) atau dari Eropa.
10.    Anda tidak perlu menghabiskan anggaran belanja Anda hanya untuk sekedar membeli bunga-bunga mahal untuk mendekorasi rumah Anda. Ingat agar rumah menarik tidak perlu dengan hiasan yang mahal cukup dengan penataan yang rapi dan ruangan yang bersih akan lebih menarik dan nyaman bagi tamu Anda.
11.    Jika memang diperlukan akan dapat memberikan bunga mawar yang cerah masukkan kedalam mangkuk yang berisi air dan dapat Anda letakkan dibeberapa tempat yang strategis dalam rumah Anda serta di tambahkan lilin aromaterapi.
12.    Buatlah beberapa hiasan hasil karya Anda sendiri seperti kartu cantik sebagai ucapan terima kasih Anda kepada para tamu yang telah Anda undang dan menghadiri undangan Anda. Jika Anda kesulitan Anda dapat mendapatkan petunjuk dekorasi rumah yang cantik melalui internet ataupun buku-buku panduan lainnya.

Demikianlah tips yang dapat kami berikan dan satu hal pesan kami jangan lupa untuk mengkonfirmasi kembali tamu yang Anda undang sebelum acara berlangsung agar hidangan yang Anda sajikan tidak mengecewakan para undangan. Semoga manfaat.

Sumber : erlangga

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel