578 Senin, 03 November 2014 | 05:22:09

Cegah Anak Boros Dengan Cara Ini

cegah-anak-boros-dengan-cara-inipennywize

Kasih sayang orang tua kepada anak memang tidak berbatas, dengan demikian bukan berarti setiap anak bisa mendapatkan apapun yang ia inginkan dan orang tua harus memenuhinya. Sebagai orang tua kita juga harus dapat mempertimbangkan apa yang baik untuk anak dan apa yang tidak, apa kebutuhan utama anak dan apa kebutuhan sampingan yang masih dapat ditunda.

Dengan begitu anak jadi lebih mengerti apa arti prioritas, jika sebagai orang tua kita langsung memberikan apapun yang anak minta, hal tersebut kurang baik bagi kepribadiannya dewasa nanti, anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang boros. Ajari anak cara berhemat dan cermat dalam menggunakan keuangan, untuk itu simak tips berikut.


Sebelum mengajarkan anak berhemat dan cermat dalam mengatur keuangan alangkah baiknya jika kita sebagai orang tua mencontohkan dan mempraktekkannya terlebih dahulu. Bagaimanapun juga orang tua dan lingkungan rumah, merupakan guru dan tempat pembelajaran pertama bagi tiap anak.

Apabila anak menginginkan beberapa barang dalam waktu yang bersamaan, tanyakan kepada si anak mana yang sangat dia butuhkan bukan yang dia inginkan, buat ukuran skala prioritas. Jelaskan pada anak bahwa saat ini semua barang yang dia inginkan tidak dapat dipenuhi dalam waktu bersamaan, jelaskan semua hal tersebut bahwa segalanya harus disesuaikan dengan dana dan tingkat kebutuhan.

Tidak seluruh keinginan harus dipenuhi oleh orang tua, contohnya apabila si anak berusia SD dan menginginkan benda dengan harga mahal hanya karena lingkungan kawannya memilikinya, sebaiknya orang tua dapat menjelaskan bahwa benda tersebut belum perlu ia miliki saat ini. Jelaskan juga mungkinsaja benda tersebut malah akan mengganggu masa belajarnya.

Ajarkan kepada anak dalam mengatur keuangan sendiri. Sebagai orang tua coba berikan uang saku untuk satu pekan. Dari situ dapat terlihat, secermat dan sehemat apa anak mengelola keuangannya. Apabila dengan metode tersebut si anak berhasil mengelola keuangannya dengan baik, jangan segan untuk memujinya.

Bersikaplah selalu konsisten dengan segala peraturan yang dibuat, tekankan pada pasangan atas metode yang digunakan. Jangan sampai Anda mengajari anak berhemat namun pasangan atau anggota keluarga lainnya malah menuruti segala yang diinginkan anak.

Terakhir ajarkan anak menyisihkan uangnya dan menabung, jelaskan bahwa ia dapat membeli barang yang ia butuhkan atau inginkan dengan cara menabung.

Sumber : tips keluarga

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel