271 Rabu, 29 Oktober 2014 | 05:45:12

Mensiasati Biaya Makan Bagi Mahasiswa Perantau

mensiasati-biaya-makan-bagi-mahasiswa-perantausaltash

Selain dari biaya pendidikan dan biaya akomodasi, biaya pangan merupakan bagian biaya yang cukup besar untuk seorang mahasiswa internasional. Namun makan yang teratur dan cukup akan gizi merupakan hal yang penting dalam mendukung kesehatan mahasiswa. Akan lebih banyak pengeluaran apabila Anda sakit, dan juga mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Terutama bagi mahasiswa yang tinggal sendiri ketika menuntut ilmu.

Agar Anda dapat menghemat pengeluaran makan namun tetap tercukupi porsi dan gizinya, simak saran berikut ini.

1.    Pakai Produk Lokal
Menuntut ilmu di luar daerah merupakan peluang untuk bereksplorasi dengan kehidupan di tempat anda menuntut ilmu, termasuk mencicipi masakan daerah tersebut. Anda dapat mendatangi pasar setempat, melihat bahan makanan apa yang tersedia, daripada harus membeli makanan khas tempat anda berasal, yang biasanya harganya jauh lebih mahal.

2.    Memasak Bersama
Undanglah teman-teman kost atau flat anda untu memasak makanan bersama. Dengan begitu Anda dapat membagi biaya makan, sehingga lebih hemat. Selain itu hal baik lainnya anda dapat lebih intim dengan lingkungan Anda tinggal dan mengetahui makanan khas asal kawan Anda. Atau cara lainnya, Anda dapat membuat jadwal bergilir dengan kawan Anda siapa yang akan memasak dan mencuci piring, setiap harinya.

3.    Makan di Kampus
Harga makanan di kampus umumnya jauh lebih bersahabat dengan kantong mahasiswa. Dengan makan di kantin kampus ketika jam kuliah berakhir atau di waktu kosong Anda dapat lebih berhemat dari biaya makan hingga ke ongkos transport yang harus anda keluarkan.

4.    Pesan Online
Umumnya ada banyak usaha kuliner yang menyediakan pesanan secara online. Dengan demikian Anda dapat memanfaatkannya. Selain anda berhemat dari biaya transportasi, dengan diskon yang biasanya diberikan oleh pihak restoran untuk menu khusus, juga bisa membuat anda lebih berhemat bukan.

Sumber  : hot courses

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel