344 Rabu, 22 Oktober 2014 | 05:21:07

Berhemat dengan Cara Mudah dan Simpel

berhemat-dengan-cara-mudah-dan-simpelkidspot

Agar penghasilan anda tidak terasa bagaikan numpang lewat saja, sebaiknya anda jangan hanya mencari kerjaan tambahan demi mendapatkan penghasilanlebih, Berhemat juga sebagai slah satu usaha untuk menambah jumlah tabungan anda. Berikut beberapa saran yang dapat anda ikuti.

1.    Pergunakan dana tunai
Usahakan saat berbelanjamenggunakan dana tnai atau cash money, sebab berbelanja menggunakan kartu kredit akan mengurangi hubungan kita dengan uang yang kita gunakan. Menggunakan uang tunai dapat meningkatkan perhatian kita terhadap penggunaan uang sekaligus menghitung seberapa banyak pengeluaran.

2.    Catat seluruh pengeluaran
Mencatat tiap-tiap pengeluaran akan memnginformasikan dengan jelas kemana saja uang yang anda gunakan selama ini, tandai pengeluaran yang tidak penting agar anda bisa berhemat di waktu berikutnya. Sebagai contoh tiap akhir bulan anda dapat mengetahui seberapa besar pengeluaran anda untuk sekedar minum kopi.

3.    Pangkas biaya bulanan
Memangkas biaya-biaya yang mesti anda bayar pada tiap bulannya akan instan terasa manfaatnya. Seperti biaya tv kabel, internet, kartu kredit dan sebagainya. Segera hilangkan salah satu pengeluaran rutin bulanan anda.

4.    Pinjam
Jika anda berpikir akan membeli sesuatu yang hanya akan bermanfaat satu atau dua kali, sebaiknya berhemat dengan meminjan barang tersebut dari kerabat atau keluarga. Sebagai contoh DVD, anda dapat tukar pinjam DVD dengan rekan dibandingkan anda membeli seluruh film yang anda inginkan.

5.    Do it yourself
Mulailah membangun gagasan-gagasan kreatif dan berhemat dengan berbuat sesuatu yang dapat dilakukan sendiri, dibandingkan anda membayar orang lain untuk melakukannya. Sebagai contoh membuat kue, mencuci mobil, atau menggunakan aksesesoris cantik karya anda sendiri.

Sumber : Cleo

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel