118 Senin, 13 Oktober 2014 | 12:43:36

Cermat Mengelola Uang Untuk Anak Kos

cermat-mengelola-uang-untuk-anak-koshuffington post

Menjadi seorang mahasiswa memang merupakan cita-cita bagi sebagian pelajar. Untuk pelajar yang melanjutkan ke perguruan tinggi dan lokasinya jauh dari rumah biasanya akan memutuskan untuk kos, dan selama masa kuliah berlangsung dimulailah kehidupan baru bagi mereka sebagai “anak kos”.

Untuk sebagian anak kos, jauh dari orangtua merupakan hal yang sudah pasti dan untuk meminta uang saku tentunya tidaklah semudah bila dibandingkan dengan masa SMA. Untuk anda yang berasal dari keluarga dengan finansial kelas atas berapa pun uang yang anda perlukan nampaknya tidak akan jadi masalah. Tetapi beda ceritanya dengan mahasiswa kos yang berasal dari keluarga dengan ekonomi yang pas-pasan, dibutuhkan strategi pengaturan uang yang cermat agar uang yang diberikan oleh orang tua dapat mencukupi kebutuhan mereka.  Berikut saran yang dapat anda simak

1.    Buat daftar urut prioritas
Hal ini sangat krusial dalam memutuskan kebutuhan mana yang mesti anda penuhi lebih dulu dan mana yang dapat ditunda, Jadi kebutuhan utama anda tidak terlupakan, jangan sampai anda dpaat membeli sepatu mahal akan tetapi anda tidak dapat makan selama seminggu. Anda juga harus dapat menahan diri dari keinginan akan sebuah hiburan yang dapat menguras kantong anda, seperti berwisata, menonton konser dan sebagainya. Sebab tidak hanya membeli tiket tetapi anda kan mengeluarkan biaya transportasi serta uang jajan atau makan ekstra selama anda di luar.

2.    Catat seluruh pemakaian uang jajan
Catatan tersebut sangatlah penting dalam memantau uang jajan, contohnya pengeluaran anda dalam minggu ini didominasi untuk biaya berobat karena sakit, maka anda dapat menyusun kembali pengeluaran anda agar tetap terkontrol minggu depan. Tidak hanya itu, dengan catatan tersebut anda dapat mengetahui berapa uang jajan anda yang tersisa pada bulan ini, dan sisanya baru dapat anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hiburan anda.

3.    Masak makanan sendiri
Jika lokasi kos yang anda huni memungkinkanuntuk mememasak, sebaiknya masak makanan anda sendiri, selain hemat anda juga dapat menjaga kebersihannya dan hal baik bagi kesehatan anda. Namun jika tidak memungkinkan sebaiknya belilah pemasak nasi instan, dan anda cukup membeli lauknya saja. Untuk minum sebaiknya gunakan tempat minum isi ulang agar lebih hemat.

4.    Mencuci pakaian sendiri
Jika tempat kos memiliki sarana menjemur pakaian dan mencuci, sebaiknya cuci pakaian anda sendiri. Sebab untuk jasa laundry anda harus mengeluarkan kocek lagi dan dapat memakan waktu 2 hingga 3 hari.

5.    Gunakan transportasi publik
Jika di lokasi kampus ada angkutan publik dan dapat membuat anda berhemat, sebaiknya manfaatkanlah, atau jika lokasi kampus tidak terlalu jauh anda dapat menjangkaunya dengan bersepada atau berjalan kaki, selain sehat anda juga berhemat.


6.    Menjaga Kesehatan
Selama anda menyandang status mahasiswa kos, anda harus sangat ekstra dalam menjaga kesehatan. Jika sakit segera periksakan diri kedokter agar sakit anda tidak semakin memburuk dan mencegah anda dari mengeluarkan dana yang lebih banyak. Rajinlah berolahraga, minum vitamin serta mengkonsumsi makanan yang sehat, karena kesehatan adalah segalanya.

Demikian tips yang dapat anda ikuti, semoga berhasil.

Sumber : liputan 6

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel