456 Jum'at, 10 Oktober 2014 | 04:52:40

Mensiasati Uang Belanja Rumah Tangga Bulanan

mensiasati-uang-belanja-rumah-tangga-bulanansavethestudent

Merencanakan pengeluaran dana belanja rumah tangga sangat penting untuk dilakukan, sebab jika tidak direncanakan dengan baik kemungkinan keuangan rumah tangga anda akan semerawut sehingga anda maupun suami tidak akan mampu meraih impian keuangan yang didambakan. Pada dasarnya anggaran belanja rumah tangga bersifat fleksibel tidak akan sama setiap bulannya, oleh sebab itu kita mesti cermat merencanakan serta menggunakan anggaran belanja. Berikut tips yang bisa anda ikuti guna menghemat pengeluaran belanja rumah tangga bulanan.

1.    Buat Daftar Belanja
Susun daftar belanja bulanan, berapa dana yang dibutuhkan. Sebisa mungkin anda harus menekan biaya belanja dan hanya membeli barang-baranf sesuai kebututhan saja.

2.    Bedakan Kebutuhan Primer, Sekunder, serta Tersier
Anda juga mesti cermat membedakan mana yang menjadi kebutuhan serta keinginan, mana yang penting dan mana yang tidak, mana yang mendesak dan mana yang dapat ditunda. Dahulukan apa-apa yang menjadi kebutuhan primer anda, jika ada dana sisa baru anda belikan kebutuhan sekunder atau tersier.

3.    Bertindak Hemat
Hemat yang dimaksudkan tidak hanya dalam keuangan saja, namun dalam hal penggunaan listrik, air, atau biaya komunikasi seperti pulsa telepon. Sebab hal tersebut akan berdampak pada besarnya anggaran belanja yang akan digunakan.

4.    Hindari Hutang.
Hindarilah meminjam uang atau berhutang, baik secara langsung maupun tidak langsung seperti menggunakan kartu kredit dan sebagainya, terkecuali anda dalam keadaan terdesak. Kebiasaan menghutang jika diteruskan akan menjadi candu dan sulit dihindari, sementara jika dibiarkan maka akan menjadi bom waktu yang dapat meledak kapan saja.

5.    Menabung di Awal Bulan, Bukan di Akhir Bulan.
Selalu sisihkan uang pendapatan bulaan anda untuk disimpan atau ditabung. Sebaiknya hal tersebut anda lakukan pada wal bulan sebelum melakukan belanja rumah tangga bulanan, bukan saat akhir bulan atau menunggu sisa uang belanja. Dengan begitu anda dapat lebih disiplin dalam mengatur keuangan.

Sumber : hijapedia

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel