179 Rabu, 10 September 2014 | 01:50:11

Asuransi? Tak Perlu Mahal!

asuransi-tak-perlu-mahalbisnis

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa asuransi merupakan investasi. Padahal asuransi adalah proteksi yang hanya bisa Anda pakai dalam keadaan darurat. Kesalahpahaman tersebut yang kemudian menyesatkan orang-orang dalam memilih asuransi. Selain kesalahan tadi, berikut adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi saat seseorang memilih asuransi.

1. Memilih yang Mahal 

Membeli asuransi terlalu mahal artinya:

-    Bila dibandingkan dengan produk asuransi perusahaan lain, produk yang Anda miliki preminya tidak kompetititf.

-    Manfaat yang diambil terlalu banyak, padahal tidak semua bisa dimanfaatkan dan Anda wajib membayar preminya.

2. Tidak Sesuai Kebutuhan 

Anda membeli banyak polis asuransi, namun tidak semuanya sesuai dengan kebutuhan. “Banyak yang hanya membayar premi, menyimpan polis, lalu ketika mengajukan klaim, baru sadar jika asuransi yang dibelinya ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan,” ungkap Freddy Pieloor yang merupakan perencana keuangan dari Money n Love .

Artinya, Anda tidak mempunyai kegunaan yang tidak dapat menutupi kerugian yang Anda alami. Padahal, tujuan Anda mengikuti asuransi ialah untuk menutupi nilai kerugian.

3. Merasa Tidak Enak 

Tidak jarang banyak orang yang membeli asuransi karena merasa tidak enak menolak tawaran agen asuransi yang mungkin teman, kakak, adik, atau kerabat dekat. Padahal Anda sudah tahu jika asuransi itu tidak cocok dengan keuangan Anda.

4. Ahli Waris Tidak Jelas 

Sering terjadi pada orangtua yang memilihkan asuransi untuk anak. Tujuannya untuk melindungi penghasilan sehingga bila orangtua meninggal, hidup anak yang ditinggalkan tetap terjamin.

Tetapi ini bisa menjadi masalah bila nama anak (sebagai penerima manfaat) yang dicantumkan masih di bawah umur saat orangtuanya meninggal. Dalam hal ini, pengadilan negeri setempat (sesuai UU yang berlaku) berhak mencarikan wali untuk mengurus harta peninggalan orangtua untuk anak tersebut.

5. Tidak Diketahui Keluarga

Saat Anda membeli asuransi, sebaiknya diketahui oleh keluarga. Ini untuk mengantisipasi keluarga dapat menerima manfaat asuransi bila Anda meninggal.

 

 

Sumber: tabloidnova

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel