30 Rabu, 20 Agustus 2014 | 03:36:23

Cermat Menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debet

cermat-menggunakan-kartu-kredit-dan-kartu-debethuffingtonpost

Menyusun rencana keuangan memang terbilang sangat penting dalam kehidupan. Karena membutuhkan waktu yang tidak singkat, perlu dimulai sejak masih anak-anak. Dilanjutkan rencana untuk masa remaja, mahasiswa, kerja, menikah, punya anak, dan hingga akhirnya meninggal.

“Selama kehidupan tersebut, manusia perlu biaya dan perencanaan keuangan yang baik. Jangan sampai terjadi penghasilan bulan ini hanya buat bulan ini saja," ujar Prita Ghozie seorang perencana keuangan dan CEO dari ZAP Finance.

Dampaknya, bila kita tidak pintar mengelola atau mengatur keuangan adalah hidup kita akan nyaman pada saat kerja saja. “Padahal, biaya-biaya kehidupan makin naik, belum lagi terjadinya inflasi. Itulah kenapa sistem pembayaran sangat berpengaruh dengan pengelolaan keuangan,” sambung Prita.

Sebagai seorang perencana keuangan, Prita lebih menyukai pemakaian uang non tunai, seperti menggunakan debet atau ATM. Ia menilai, penggunaan uang tunai menyebabkan orang menjadi boros. Sementara, pemakaian kartu akan lebih memudahkan Anda mengatur keuangan. "Apa yang digunakan, dibelanjakan, atau ditransfer, ya, itulah yang dikurangi dari kartu tersebut,” ungkapnya.

Tetapi tentunya, pemakaian kartu debet atau kartu kredit harus tetap dikontrol. Bukan hanya untuk memuaskan keinginan belanja. Gunakan ATM dan debet untuk pemakaian darurat dan kebutuhan sehari-hari.

“Jika memiliki kartu kredit manfaatkan untuk program marketing atau diskon. Misalnya, beli kulkas dengan kartu kredit karena ada cicilan tanpa bunga. Durasi mencicil tentu saja lebih pendek dibandingkan pemakaian kulkas yang ketahanannya lebih panjang,” tutup Prita.

 

 

Sumber: tabloidnova

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel