239 Selasa, 19 Agustus 2014 | 04:50:04

Merencanakan Keuangan Setelah Resepsi Pernikahan

merencanakan-keuangan-setelah-resepsi-pernikahantumblr.prettylittleweddingthings

Pasangan yang merencanakan akan menikah pasti mempunyai impian akan pesta pernikahannya. Untuk mempersiapkan segala sesuatunya pun kadang memerlukan biaya besar. Akan tetapi, para pasangan terkadang lupa untuk memikirkan dana setelah pesta atau resepsi pernikahan itu. Padahal sebenarnya setelah resepsi pesta pernikahan itu pun kehidupan baru dimulai.

Setelah usai pesta pernikahan dan perayaan yang dilakukan, saat inilah setiap pasangan memiliki tanggung jawab untuk mengatur anggaran bagi keluarga barunya.

Eko Endarto yang merupakan seorang perencana keuangan Financial Consulting mengatakan bahwa menyiapkan anggaran sesudah pernikahan jauh lebih penting.  Apakah dana setelah pesta pernikahan itu ada atau tidak. Anggaran tersebut digunakan untuk melakukan langkah ke depan membentuk keluarga baru.

"Sesudah menikah kan pasti ada rencana untuk memiliki momongan, rumah, proteksi seperti asuransi untuk istri, dan pensiun. Nah ini penting juga dibicarakan dan disiapkan ketika memasuki pernikahan," ungkap Eko, ketika ditemui Liputan6.com, Minggu (17/8/2014).

Eko menilai, penyesuaian keuangan atau financial bagi para pasangan baru menikah sangat penting. Hal tersebut penting karena sebelum menikah, masing-masing dari mereka memiliki cara berbeda untuk mengelola keuangan.

"Cara konsumsi disamakan dulu. Karena ada yang lebih boros, dan tidak. Oleh karena itu mari sama-sama saling mengenal dan diskusi soal keuangan," jelasnya.

Eko mengimbuhkan, tujuan keluarga yang akan dijadikan prioritas juga harus dibicarakan oleh para pasangan. "Prioritasnya apakah memiliki tempat tinggal dulu, dan baru kendaraan, atau sebaliknya," terangnya.

Eko menganggap bahwa ada baiknya juga pasangan memiliki kesepakatan tanggung jawab untuk mengatur anggaran. Sebagai contoh, ada pasangan yang melakukan perjanjian memisahkan harta. "Kesepakatan yang akan diambil ini sebaiknya dilakukan pada awal sebelum menikah," papar Eko.

 

 

Sumber: Liputan6

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel