175 Senin, 11 Agustus 2014 | 10:23:53

Jumlah Uang Saku Yang Pas Untuk Si Kecil

jumlah-uang-saku-yang-pas-untuk-si-keciltheguardian

Agar si kecil tidak jajan sembarangan di sekolah, orang tua cenderung tidak memberikan uang saku pada mereka. Padahal, memberikan uang saku pada anak dengan jumlah yang tidak berlebihan, orang tua secara tidak langsung sudah mengajarkan anak tentang mengelola uang dengan cara paling sederhana. Seperti yang dikatakan Penasihat International Association Financial Consultant Indonesia Chapter, Godo Tjahjono, dalam buku Serba-Serbi Anak. Anak sebenarnya sudah harus diajarkan cara mengelola uang sejak usia sekolah dasar. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan uang saku.

Godo menganjurkan sebaiknya pemberian uang saku dilakukan dengan cara bertahap. Usia SD uang saku deberikan per hari, usia SMP diberikan per minggu, dan SMA hingga kuliah diberikan per bulan.

"Pemberian uang saku  justru mengajarkan prinsip bahwa uang saku tidak sama dengan uang jajan. Uang saku bisa digunakan untuk jajan, menabung, dan bersedekah. Artinya, anak-anak diajarkan untuk mengontrol dan tidak menghabiskan uang sakunya," ujar Godo.

Tepapi, ini tidak berarti Anda boleh memanjakan anak dengan memberikan uang saku berlebihan. Berikan uang saku dalam jumlah yang tepat, supaya mereka belajar mengelola dan memenuhi kebutuhannya dengan uang saku tersebut.

Ada beberapa hal mengenai pemberian uang saku yang harus diperhatikan, diantaranya adalah:

Uang saku terdiri dari beberapa komponen, yaitu uang jajan, uang untuk ditabung dan uang untuk disumbangkan.

Jumlah uang saku anak juga harus disesuaikan dengan standar hidup keluarga dan juga uang transport. Berilah lebih sekitar 20-30 persen untuk ditabung atau untuk aksi sosial di sekolah.

Selain tiga hal di atas, hal lainnya adalah uang jajan anak harus disesuaikan dengan penghasilan orang tua. Karena jika Anda salah menentukan nominal uang saku anak, hal ini dapat mempengaruhi kas rumahtangga lainnya.

 

 

Sumber: tabloidnova

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel