146 Sabtu, 09 Agustus 2014 | 08:27:03

Yuk, Ajari si Kecil Menabung!

yuk-ajari-si-kecil-menabungXtra Ordinary UG

Tidak dapat dipungkiri, uang memegang peranan yang sangat penting dalam keberlangsungan hidup anda dan keluarga sehari-hari. Karena itulah menabung merupakan sebuah keharusan yang harus diterapkan sejak dini. Selain mengajarkan si kecil bahwa uang itu penting untuk masa depan, tahukah anda kalau menabung juga dapat membantu untuk membentuk karakternya sejak dini?

Ratih Ibrahim, seorang psikolog anak, mengutarakan pentingnya mengajarkan anak anda menabung sejak usia dini. “Menabung itu seperti perilaku. Jika anda ingin anak anda memiliki kebiasaan menabung, maka kondisi itu sudah harus dibentuk dari saat dia masih kecil,” terangnya di sebuah seminar di SME Tower.

Namun, mengajarkan anak menabung juga tidak bisa sembarangan. Para orangtua harus terlebih dahulu tahu tahapan demi tahapannya.

“Sebelum anak mengenal apa itu menabung, lebih dahulu anak harus dikenalkan kepada uang. Umur 1 sampai 1,5 tahun sudah cukup besar untuk dikenalkan pada uang,” jelasnya.

Anda dapat memulainya dengan memperkenalkannya konsep dasar uang seperti jenis-jenisnya, koin dan kertas. Lalu anda juga dapat mengajarkannya bahwa uang koin dimasukannya ke celengan, sementara uang kertas dimasukannya ke dalam kotak,” imbuhnya.

Setelah tahapan tersebut selesai, baru anda dapat melanjutkan ke tahapan dimana si kecil akan belajar mengenal nilai dari uang.

“Saat umurnya sudah lebih besar, sekitar umur 3 tahun, anda dapat memulai untuk mengajarkannya beda dari masing-masing nominal yang tertera di uang kertas dan koin yang berbeda-beda,” ujarnya.

Nah, setelah tahapan mengenal nominal tadi selesai, baru orang tua dapat melanjutkan dengan bagaimana cara menabung yang benar. Tentu saja ini dilakukan dengan mengkondisikan perliaku si kecil itu sendiri.

“Saat SD, ajari anak anda untuk mengelola uang jajan yang diberikan, karena sudah cukup besar untuk mengerti pengelolaan uang. Contohnya, jika ia sudah mulai meminta anda untuk member mainan, anda dapat membantunya mengelola uangnya agar bisa menabung dan membeli mainan tersebut. Dengan cara ini, anak dapat belajar untuk menabung dan mengelola keuangannya sendiri secara bertahap dan perlahan namun pasti,” tutupnya.

 

Sumber: Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel