170 Rabu, 23 Juli 2014 | 03:23:58

Asuransi Pendidikan Atau Tabungan Pendidikan

asuransi-pendidikan-atau-tabungan-pendidikanbridgeindonesia

Biaya pendidikan yang setiap hari semakin meningkat tajam mengharuskan para orang tua mempersiapkan dana pendidikan sejak dini. Namun, masih banyak orang tua yang ragu memutuskan untuk memiliki asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan. Agar tidak bingung dalam menentukan, mari kita lihat sedikit gambaran perbedaan antara tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan yang dilansir dari AyahBunda. Serupa tapi tak sama, tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan punya risiko dan keuntungan yang berbeda.

Mari kita lihat perbedaanya!

Asuransi pendidikan merupakan kontak antara perusahaan asuransi dan orang tua yang setuju dengan ketentuan membayar sejumlah premi asuransi secara berkala kepada pihak perusahaan asuransi. Selanjutnya, Anda akan mendapat sejumlah uang pendidikan tertentu dari pihak asuransi ketika anak Anda memasuki usia sekolah sesuai dengan jenjang pendidikannya. Bila terjadi resiko kematian pada Anda yang mengakibatkan setoran premi asuransi terhenti sedangkan anak belum mendapatkan dana pendidikannya secara menyeluruh, maka pihak asuransi menjamin dana pendidikan akan tetap diberikan. Melalui asuransi pendidikan berarti Anda menabung dan sekaligus mengambil asuransi jiwa. Untuk orang tua yang berniat membeli asuransi jiwa dan dana pendidikan anak secara terpisah, tentunya produk asuransi pendidikan tidak akan efektif untuk persiapan pendidikan si kecil.

Sementara tabungan pendidikan ialah kontrak antara bank dengan orang tua yang setuju bank menyetor sejumlah uang ke rekening Anda untuk dikirimkan ke dalam rekening tabungan pendidikan sang anak. Dana hasil dari investasi setoran rutin tabungan tersebut akan dapat diambil ketika anak memasuki usia sekolah sesuai dengan jenjang pendidikannya. Manfaat proteksi biasanya juga terdapat dalam tabungan pendidikan, hal ini untuk mengantisipasi resiko terhentinya setoran rutin tabungan karena kematian.

Terdapat perbedaan mendasar dari kedua jenis investasi tersebut, tetapi dua produk ini tetap memiliki sistem yang sama dari sisi Anda, yaitu melakukan investasi secara rutin dan sekaligus memproteksinya terhadap resiko kematian dengan asuransi jiwa.

 

 

 

Sumber: ayahbunda

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel