274 Jum'at, 04 Juli 2014 | 12:53:30

Renovasi VS Pindah Rumah

renovasi-vs-pindah-rumahSitkareno

Seringkali, saat anda menemui adanya kerusakan yang cukup parah di dalam hunian anda, pertanyaan ini akan muncul: lebih baik renovasi rumah lama, atau jual rumah dan pindah saja ke rumah yang baru? Memang sih, proses renovasi umumnya memerlukan dana yang tidak sedikit. Namun, dengan memilih untuk merenovasi rumah anda, hanya akan ada dua hal yang anda perlu pikirkan: dana dan waktu.

Untuk membeli rumah baru, hal-hal yang harus anda pikirkan tentunya lebih banyak, seperti lokasi rumah baru, penjualan rumah lama anda, dan lain sebagainya. Tapi jika anda menginginkan suasana baru yang lebih segar, mungkin membeli rumah baru menjadi pilihan yang lebih tepat untuk anda.

Dilema seperti ini wajar saja terjadi. Berikut ada beberapa pertanyaan yang dapat anda ajukan kepada diri anda sendiri. Dengan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini, anda dapat mulai menimbang-nimbang antara keinginan dan keperluan anda. Yuk, simak ulasannya!

Apakah konstruksi rumah anda yang sekarang baik?
Walaupun rumah anda pasti memiliki banyak kenangan dan sejarah-sejarah kehidupan anda lainnya, anda tetap tidak perlu mengambil risiko untuk tetap tinggal di rumah dengan konstruksi yang buruk. Untuk saran terbaik, lebih baik anda menghubungi para professional. Jika konstruksi rumah anda terbukti buruk, pindah ke rumah baru merupakan pilihan yang tepat. Karena untuk merenovasinya, biaya yang dibutuhkan akan menjadi sangat besar.

Apakah anggaran anda cukup?
Apapun pilihan anda, baik itu merenovasi rumah mapun membeli rumah baru dan pindah, dua-duanya membutuhkan biaya yang tentu saja tidak sedikit. Dengan memilih merenovasi rumah, anda harus suap dengan biaya yang keluar untuk renovasi dan tempat tinggal sementara. Jika anda memilih untuk mejual rumah dan pindah ke rumah baru, biaya untuk pemasaran rumah dan pembelian rumah baru, pastinya tidak sedikit. Belum lagi ongkos untuk pindahannya. Pastikan anda telah memikirkan matang-matang sebelum anda memutuskan.

Apakah anda cukup sabar?
Kedua pilihan yang tersedia memerlukan kesabaran yang cukup panjang karena proses keduanya yang juga cukup panjang. Selain itu, akan ada begitu banyak hal yang perlu anda perhatikan. Untuk ini, anda dapat menanyakannya langsung kepada pihak yang professional agar anda tidak menyesal dengan pilihan apapun yang anda pilih nantinya.

Bagaimana pendapat anda mengenai lingkungan rumah?
Bagaimana menurut anda lingkungan tempat anda tinggal sekarang? Coba bandingkan dengan lingkungan rumah baru anda jika anda lebih memilih untuk pindah rumah. Perhitungkan fasilitas umum yang tersedia, kenyamanan, dan keamanannya. Kesimpulannya adalah, merenovasi rumah jauh lebih mudah dibanding “merenovasi” lingkungan rumah anda.

Hubungan anda dengan rumah yang lama?
Berbagai kenangan dan nilai sejarah tentunya harus menjadi sesuatu yang anda perlu pertimbangkan ketika anda memilih untuk melepas rumah anda. Mungkin, atas dasar pertimbangan tersebut di atas, merenovasi dan membuatnya sesuai dengan tampilan untuk masa depan merupakan pilihan yang tepat untuk anda.

 

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel