248 Rabu, 02 Juli 2014 | 02:55:05

Cara Cari Tahu Harga Properti Mahal atau Murah

cara-cari-tahu-harga-properti-mahal-atau-murahGP Stelford UK

Ali Tranghanda, Direktur Indonesia Property Watch mengungkapkan bahwa untuk tingkat Asia, kenaikan harga properti di Indonesia merupakan yang tertinggi. Ali lalu mendeskripsikannya dengan ilustrasi bahwa jika kita membeli properti di Taiwan, butuh waktu 64 tahun untuk dapat balik modal. Sementara, di Indonesia waktu yang dibutuhkan hanya 11 tahun. Kenapa bisa begitu? “Di Taiwan, harga tanah dikendalikan oleh pemerintah. Pemerintah memeliki bank tanah untuk dibangun hunian bagi masyarakat kaum menengah ke bawah. Jadi, jika ada rakyat yang mau jual tanah, tanah hanya dapat dijual dengan harga yang telah ditentukan. Kalo di Indonesia bebas, mau naik berapa terserah,” ujarnya.

Ali berani menjamin bahwa investasi properti di Indonesia aman dan tidak akan terjadi ledakan property seperti yang terjadi di Australia. Karena, kondisi “bubble” hanya bisa terjadi jika harga properti sudah jauh melebihi harga pasarannya. Properti merupakan aset yang dapat terus menerus diperjualbelikan (derivative), inilah yang membuat nilainya tidak lagi riil. “Di Indonesia tidak seperti itu, jual beli properti masih dilakukan secara konvensional, tidak ditransaksikan secara derivatif,” imbuhnya.

Menurut Ali, cara termudah untuk mengetahui apakah harga property sudah terlalu tinggi atau tidak adalah dengan melihat harga secondary market melalui kantor-kantor broker yang berlokasi di kawasan yang sama dengan properti yang akan dibeli. Jika harga di secondary market untuk tipe yang sama lebih murah 20 persen dibandingkan yang ditawarkan developer, itu berarti harga dari developer terlalu tinggi. “Developernya “goreng” harga,” tegasnya. Meskipun harga tersebut sudah “dimainkan”,  konsumen akan tetap dapat untung dari selisih kenaikan harga (gain), namun, untuk menjualnya kembali akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Paling tidak tiga tahun.

 

Sumber: Housing Estate

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel