329 Sabtu, 28 Juni 2014 | 01:13:55

Tips dan Manfaat Uang Saku Untuk Anak

tips-dan-manfaat-uang-saku-untuk-anakTime Business

Pasti anda setuju bahwa mengajarkan anak anda untuk mengatur keuangannya sendiri sejak dini penting dan perlu untuk dilakukan. Dengan begini, anak anda akan belajar apa fungsi uang dan bagaimana untuk menggunakan uang yang anda berikan secara bijaksana dan tidak foya-foya untuk hal yang kurang penting.

Ada banyak cara yang dapat anda gunakan untuk mengajarkan fungsi uang kepada anak yang juga akan melatih mereka untuk memiliki manajemen keuangan yang baik. Salah satunya yang paling banyak direkomendasi oleh perencana keuangan dan pemerhati masalah anak adalah dengan memberikan uang saku secara periodik. Hal ini dapat disesuaikan oleh kesanggupan dan keinginan anda, pilihannya umumnya bulanan atau mingguan. Uang saku yang diberikan juga jumlahnya harus sesuai dengan kebutuhan anak di luar rumah.Metode ini dianggap lebih berhasil ketimbang dengan pemberian uang saku secara harian atau saat diperlukan saja.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa pemberian uang saku secara periodik lebih disarankan:

1. Anak anda dapat mengatur keuangannya sendiri.
2. Kesadaran anak akan tumbuh karena keterbatasan uang yang dimiliki. Hal ini akan memaksa anak anda untuk membuat keputusan yang bijak dalam mempergunakan uangnya dengan cara yang paling efisien.
3. Mengajarkan tanggung jawab anak atas semua keputusan keuangannya/
4. Menumbuhkan rasa bangga pada barang yang dibeli atas tabungannya sendiri
5. Mengurangi anak merengek-rengek untuk dibelikan barang yang diinginkan saat belanja bersama orang tua.

Beberapa langkah penting juga harus dilakukan sebelum anda memutuskan untuk memberikan uang saku secara periodik untuk anak anda.

1. Hitung dengan pasti kebutuhan anak anda di luar rumah seperti uang jajan, uang pulsa, uang transportasi jika diperlukan, jatah jalan-jalan, dan jatah untuk menabung. Jangan sampai kurang atau bahkan berlebihan.
2. Ajarkan anak anda cara membagi-bagi uang sakunya untuk tiga hal: jajan, menabung, dan berbagi untuk kepentingan social maupun keagamaan.
3. Berikan pemahaman kepada anak anda bahwa ia dapat memperoleh penghasilan tambahan melalui berbagai kegiatan. Hal ini dilakukan untuk melatih daya kreativitas anak.


Sumber: Catatan Keluarga Muda

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel