56 Selasa, 24 Juni 2014 | 12:57:02

Berlian Sebagai Investasi

berlian-sebagai-investasiRings4

Banyak yang berpendapat bahwa berlian adalah sahabat wanita. Tapi apakah berlian juga bisa menjadi sahabat keuangan anda? Berlian adalah jenis batu permata yang ditemukan pertama kali di India 800 tahun sebelum Masehi. Biasanya, berlian diikat oleh emas, perak, atau platinum untuk dijadikan perhiasan para wanita sejak jaman dahulu.

Karena harganya yang mahal, berlian disebut sebagai perhiasan yang melambangkan status sosial seseorang. Dengan nilai jual kembalinya yang lumayan tinggi, banyak yang akhirnya menjadikan berlian sebagai salah satu instrument investasi seperti emas.


Jika anda tertarik untuk mulai menjadikan berlian sebagai sahabat keuangan anda dengan menginvestasikannya, ada beberapa hal yang harus ada perhatikan terlebih dahulu. Sebelum anda terjun ke dunia investasi berlian, anda harus lebih dahulu paham tentang 4Cs of Diamond, karena harga sebuah berlian akan dinilai berdasarkan komponen-komponen 4C berikut ini:

Carat
Carat atau karat adalah nilai ukuran berlian. Semakin besar karat sebuah berlian, maka semakin mahal pula harganya. Namun, karat berlian berbeda dengan perhitungan gram atau karat pada emas. Artinya, jika berlian satu karat dihargai Rp. 100 juta, maka untuk berlian dua karat harganya bisa berlipat menjadi Rp. 300 juta.

Cutting
Cutting atau bentuk irisa berlian berpengaruh pada permainan cahaya dari berlian jika ada cahaya yang dipantulkan. Perhatikan aspek proporsi rasio antara bagian atas dan bagian bawah, besar “meja” atau bagian atas berlian, serta kerapihan irisannya. Yang juga cukup penting untuk diperhatikan adalah melihat irisan dari bagian “pinggang” atau sisi berlian.

Color
Color atau tingkat kebeningan warna berlian juga mempengaruhi harga jual sebuah berlian. Semakin bening warna sebuah berlian, nilai jualnya pun juga akan semakin tinggi. Tingkat kebeningan berlian ditandai dengan huruf D untuk yang paling tinggi dan Z untuk yang paling rendah.

Clarity
Clarity atau kejernihan berlian merupakan faktor yang tidak kalah penting dibanding 3C lainnya di atas. Tingkat clarity terbaik, ditandai dengan kode VVS, adalah kejernihan yang sangat baik tanpa adanya cacat atau goresan apapun.

Berlian yang memiliki nilai investasi bukanlah berlian dalam bentuk pasir, tapi berlian dalam bentuk butiran utuh. Berlian juga sebaiknya bukan berlian yang digunakan sehingga mengurangi potensi cacat. Lebih baik lagi jika anda memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi dunia seperti GIA (Gemological Institute of America), agar nilai jual berlian anda terjamin karena mengacu pada harga standard dunia.


Tingkat kebeningan D, E, atau F merupakan jenis berlian yang terbaik untuk nilai investasi. Baiknya berlian anda juga memiliki berat dua larat dengan tingkat kejernihan VVS. Jangan lupa untuk perhatikan irisan berlian anda dengan seksama agar tidak tertipu. Jika anda ragu, berkonsultasilah pada ahli batu permata. Apabila anda berminat untuk menjadikan berlian sebagai perhiasan, usahakan agar desainnya tidak rumit agar ongkos produksi juga menjadi lebih murah. Tapi anda harus siap dengan resiko pemotongan nilai 30% jika berlian anda terpecah, terpotong, atau dijadikan perhiasan.


Berlian hanya berwujud keras dan tidak likuid (cair). Menjual berlian tidak semudah saat anda membelinya, dan anda harus benar-benar menyadari hal tersebut. Jika anda benar-benar untuk menjadikan berlian instrument investasi, anda harus benar-benar memikirkannya terlebih dahulu. Karena pada dasarnya, semua investasi tunduk pada kekuatan pasar, dan naik turunnya harga berlian tergantung kepada faktor permintaan, penawaran, situasi ekonomi, dan tren fesyen saat ini.


Waktu juga merupakan faktor yang penting saat anda memutuskan untuk berinvestasi, anda harus tau seberapa lama anda harus mempertahankan aset sebelum harganya jatuh saat anda ingin menjualnya kembali.
Nah, jadi kapan saat yang paling tepat untuk membeli berlian? Saat yang paling tepat adalah ketika dana anda sudah mencukupi. Jangan paksakan diri anda jika dananya belum ada, karena berbeda dengan emas, likuiditas belian lebih rendah dan target pasarnya hanya mereka yang memiliki modal di atas ratusan juta. Jadi, sebelum membeli berlian, pastikan anda telah memiliki dana darurat yang memadai, agar anda tidak perlu dihadapkan pada situasi dimana anda harus melepas berlian anda dibawah harga pasar. Selamat bersahabat dengan berlian!


Sumber: Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel