188 Senin, 23 Juni 2014 | 10:57:00

Manfaat Deposito

manfaat-depositoApple FCU

Anda masih bingung, apakah anda perlu menggunakan deposito untuk tabungan anda atau tidak? Apa saja sih memangnya manfaat dari menggunakan deposito? Peluang Properti secara khusus akan membahasnya di artikel ini untuk anda. Yuk, kita simak manfaat dari menggunakan deposito bersama-sama!

 

Bunga Besar

Menyimpan uang di deposito memang lebih menjanjikan secara bunga jika dibandingkan dengan menabung di tabungan biasa karena bunga yang didapat presentasenya bernilai lebih tinggi. Saat ini saja, bunga deposito rata-rata di bank mencapai 3-5%, angka ini jauh lebih besar dibanding menabung di tabungan biasa.

Tetapi, biarpun kedengarannya manis sekali, anda tetap perlu untuk berhati-hati. Meskipun bunga menabung di deposito jauh lebih tinggi, sebaiknya anda tidak mengambil deposito di bank jika suku bunga nya melebihi penjaminan yang telah ditetapkan oleh Lembaga Penjamin Simpanan. Bisa-bisa, jika lebih tinggi dari itu, suata saat ketika bank tempat anda menabung bangkrut, uang deposito yang diluar LPS tidak dapat dijamin dan hilang begitu saja.

 

Aman

Tentu saja, karena uang di deposito dijamin kuat oleh LPS, kemanannya juga lebih terjaga dibandingkan dengan menabung biasa. LPS dapat menanggung jaminan deposito hingga 2 miliar rupiah. Jadi, jika anda berniat menabung di deposito, sebaiknya jangan sampai lebioh dari 2 miliar. Hal ini merujuk lagi ke alasan di atas, dimana diluar batas jaminan LPS, uang anda bisa saja hilang ketika bank bangkrut atau lain sebagainya.

 

Tanpa Biaya Administrasi

Jika uang anda terpotong perbulannya oleh biaya administrasi di tabungan biasa, uang anda malah akan bertambah di deposito. Selain tidak dikenakan biaya admisitrasi, bunga yang didapat justru akan menambah jumlah tabungan yang anda miliki.

 

Jaminan Kredit

Jika anda ingin mengajukan kredit ke bank dan enggan menggunakan yang “rentan” seperti sertifikat rumah dan sebagainya, anda dapat menggunakan deposito anda sebagai jaminan.

 

Pilihan Jangka Waktu

Dalam menabung di deposito, anda akan ditawari beberapa pilihan jangka waktu. Pilihannya antara lain 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Anda dapat menyesuaikan kebutuhan dan keinginan anda dalam pemilihan jangka waktu yang tepat.

 

Dapat Diperpanjang

Jika anda telah memilih jangka waktu dan jangka waktu anda telah habis atau jatuh tempo, deposito dapat diperpanjang jika diinginkan. Tidak perlu repot, anda hanya perlu menghubungi bank yang bersangkutan dan utarakan alasan anda memperpanjang deposito anda.

 

Syarat Mudah

Dibandingkan dengan pembukaan asuransi, investasi, atau yang lainnya, pembukaan deposito tergolong jauh lebih mudah dari segi persyaratan. Yang dibutuhkan biasanya hanya rekening bank di bank yang bersangkutan, kartu identitas, dan materai untuk surat pernyataan pembukaan deposito.

 

Nah, itu dia manfaat-manfaat dari pembukaan deposito. Bagaimana, setelah membaca artikel tadi, apakah anda tertarik untuk membuka deposito?

 

Sumber: Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel