179 Sabtu, 21 Juni 2014 | 03:38:09

Gadai atau Jual Emas?

gadai-atau-jual-emasSupply Side Liberal

Sering kali saat ada keperluan mendesak dan anda memerlukan dana yang cukup banyak, pertanyaan ini muncul: Lebih baik gadai, atau jual emas saja? Sebelum anda memutuskan untuk menjual atau menggadaikan emas anda, ada baiknya anda mengetahui lebih lanjut tentang penjelasan dan kurang-lebih keduanya.

Sebelum anda menggadaikan atau menjual emas anda, pastikan dulu tujuan dana anda ini akan lari ke mana. Ini akan membantu anda dalam menentukan pilihan anda nantinya. Seperti yang kita ketahui, emas adalah logam mulia yang merupakan bentuk investasi yang menguntungkan karena harganya yang terus mengalami kenaikan.

Di Indonesia sendiri, emas menjadi pilihan banyak elemen masyarakat untuk investasi karena emas dapat dengan mudah digadaikan dengan harga yang tinggi. Investor-investor kelas atas juga banyak yang memilih untuk berinvestasi emas karena jangka waktunya yang tidak terbatas. Sehingga, anda tidak perlu khawatir terikat jangka waktu yang panjang maupun pendek.

Namun tetap saja, di dalam kehidupan pasti ada saja sesuatu yang tidak terduga di tengah-tengah investasi. Seperti keadaan yang mendesak darurat yang mencakup penyakit dan kematian. Akibatnya mau tak mau alat investasi tersebutpun harus jadi korbannya. Pertanyaan yang sama keluar lagi, harus digadai atau dijual?

Jika anda memerlukan dana yang cepat dan mendesak dan rasanya anda tidak memerlukan emas tersebut untuk investasi yang lebih lanjut, pilihan menjual emas akan menjadi pilihan yang tepat. Anda juga tidak perlu repot memikirkan dana yang anda perlukan untuk menembus barang gadaian di kemudian harinya. Apalagi jika anda memiliki dana yang cukup untuk membeli emas baru dan memulai investasi dari awal. Namun anda harus hati-hati. Harga emas, meskipun tinggi, tetap mengalami kenaikan dan penurunan yang fluktuatif tergantung dimana anda menjualnya dan membelinya.

Untuk anda yang memerlukan dana yang mendesak tetapi menyayangkan investasi anda untuk pergi begitu saja, dan merasa sanggup untuk membayar iuran untuk menembus barang gadaian nantinya, menggadaikan emas merupakan pilihan yang tepat. Mungkin kebutuhan anda bukan musibah yang berkepanjangan sehingga anda dapat segera memiliki dana baru untuk menembus emas anda dan menaruhnya lagi untuk investasi. Sebelum menggadaikan emas, perhitungan yang tepat dan kemampuan membayar lagi sangat perlu untuk dipikirkan agar nanti nya tidak ada istilah “tekor”. Biasanya harga dari gadai emas lebih rendah dari pada menjual yaitu sekitar 95% dari harga belinya, dengan penggadaian dilakukan pada bank syariah.

 

Sumber: Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel