6 Jum'at, 20 Juni 2014 | 02:19:28

Tips Hemat Selama Bulan Puasa

tips-hemat-selama-bulan-puasaTumblr

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Tentunya dengan datangnya bulan puasa ini, menu sehari-hari yang disajikan berbeda dengan bulan-bulan biasa, kan? Kita pasti jadi memikirkan menu special apa untuk berbuka, hidangan apa yang dapat disuguhkan untuk makan malam dan menu sehat untuk menjaga stamina saat puasa di waktu sahur. Bahkan hidangan seperti buah, sirup, dan makanan manis lainnya menjadi sesuatu yang wajib ada di meja makan selama bulan puasa.


Kalau dihitung-hitung, pengeluaran yang kita keluarkan untuk hidangan kudapan dan minuman manis saat berbuka menambah anggaran kita di bulan puasa disbanding hari-hari biasanya, loh. Belum lagi menu sahur yang penuh gizi. Meskipun jadwal makan kadang menjadi hanya dua kali saja, tetapi pengeluarannya bisa bertambah hingga 2-3 kali lipat. Belum lagi dana yang diperlukan untuk menyambut hari raya lebarannya, untuk baju baru, THR, waduh, kok jadi banyak ya!
Jangan khawatir, Peluang Properti telah memberikan artikel ini khusus untuk anda agar anda dapat lebih berhemat di bulan puasa. Mau tau caranya? Baca terus, ya.

Belanja Bulanan
Belanja sekaligus untuk satu bulan atau lebih
Jika biasanya anda membeli bahan-bahan masakan anda secara harian, sudah waktunya untuk beralih ke belanja bulanan selama bulan puasa. Selain untuk mengantisipasi harga bahan-bahan pokok yang biasanya melonjak dari bulan puasa hingga lebaran, dengan begini anda juga dapat berhemat karena anda tidak akan membeli barang-barang yang diperlukan selama stok dirumah masih ada. Belanja kebutuhan untuk stok satu bulan bahkan lebih untuk beberapa bahan pokok Sebagai contoh, anda dapat membeli beras sekaligus 25 kg, gula 3 kg, minyak goreng kemasan 2 literan 2 bungkus, telur 3 kg, dan sebagainya. Untuk daging-dagingan seperti ayam, sapi, atau sosis, anda dapat menyimpannya di dalam freezer agar lebih tahan lama.

Jangan Terlalu Sering Buka Di Luar
Bulan puasa memang enaknya “ngabuburit” bersama rekan kerja dan buka puasa bersama di restoran. Tapi jika keseringan, apa efeknya baik untuk keuangan anda? Yang ada, ini hanya akan menambah pengeluaran anda di bulan puasa. Belum lagi harga makanan yang biasanya lebih mahal selama ramadhan sampai lebaran. Yuk, hubungi rekan anda dan undang untuk buka puasa dirumah. Ajak mereka untuk membawa menu masing-masing untuk disantap bersama. Kebersamaan tetap terjaga, keuangan juga tidak ketinggalan.

Buat Kudapan dan Minuman Sendiri
Selama bulan puasa pasti banyak sekali warung-warung makanan yang “dadakan” menyajikan hidangan pembuka seperti kolak dan es buah. Kalau anda terus menerus membeli hidangan pembuka seperti itu, bisa banyak sekali dana yang keluar! Ayo coba cara hemat dengan membuat sendiri kudapan dan minuman pembuka anda. Selain higienis dan hemat, anda juga dapat melatih keahlian anda di dapur. Sehat, murah, dan menyenangkan, bukan?

Buat Sendiri Kue Lebaran
Yang satu ini pasti menjadi salah satu hal yang wajib dipersiapkan dari jauh-jauh hari dalam rangka menyambut hari raya lebaran. Ya, kue lebaran. Ini telah menjadi kebiasaan keluarga di Indonesia untuk membeli beragam kue lebaran untuk disuguhkan saat keluarga besar dan rekan kerja berkunjung. Banyak toko yang menyediakan kue jadi dengan harga yang tinggi. Eits, bukan berarti anda harus mengikuti kebiasaan masyarakat sekitar dengan membeli loh. Ayo berhemat dengan membuat sendiri kue kering untuk lebaran! Buku masak yang tidak terlalu mahal, rasa yang bisa disesuaikan dengan selera keluarga, dan kebersihan yang pastinya terjamin merupakan banyak manfaat lain selain berhemat.
Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mengajarkan kita akan kesederhanaan, jadi ayo mulai terapkan kesederhanaan dalam Ramadhan yang kali ini. Yuk, berhemat di bulan puasa!


Sumber: Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel