113 Sabtu, 14 Juni 2014 | 12:11:09

Kelola Keuangan Usaha Kecil Anda

kelola-keuangan-usaha-kecil-anda

Anda memiliki usaha kecil demi membantu pemasukan keuangan Anda? Pengelolaan keuangannya tentu perlu diperhatikan, agar Anda bisa memperbesar keuntungan ketimbang memperbanyak keluarannya. Terlebih jika usaha kecil Anda memiliki potensi yang bagus ntuk masa depan. Berikut ini beberapa tips menurut PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM untuk  mengelola keuangan serta menyusun laporannya bagi Anda yang kini memiliki usaha kecil:


Hal pertama yang perlu Anda lakukan dan selalu diingat adalah Anda harus memisahkan keuangan usaha dengan keuangan pribadi Anda. Hal ini berguna untuk mencegah tercampurnya biaya-biaya usaha Anda yang sewaktu-waktu dikhawatirkan Anda pakai untuk keperluan pribadi.


Hal kedua yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus menentukan terlebih dahulu presentasi keuangan yag akan Anda gunakan untuk kebutuhan usaha. Agar nantinya biaya-biaya pengeluaran keperluan usaha lebih jelas setelah direncanakan dan dipetakan presentasinya. Anda pun akan lebih paham ketika akan menggunakannya.


Yang ketiga, yaitu Anda perlu membuat pembukuannya dengan rapi agar dapat mengontrol semua transaksi keuangan, seperti pemasukan, pengeluaran, utang dan piutang. Laporan keuangan ini sangat berperan penting untuk mengetahui perkembangan keuangan usaha Anda dalam kurun waktu tertentu. Hal ini dituturkan oleh motivator professional ternama di Sumatra, Phobi Kevin. Pembukuan keuangan ini juga bisa memonitor kondisi serta daya tahan perusahaan dari kebangkrutan.


Poin keempat, yaitu mengurangi risiko dari utang usaha. Usahakan hindari berutang dalam penerapan usaha Anda agar risiko-risiko yang muncul karena utang bisa dihindari. Hal terakhir yang perlu Anda lakukan dalam mengelola keuangan usaha Anda adalah mengontrol kelancaran arus kas usaha.


Semoga tips-tips tadi bisa bermanfaat utuk kemajuan usaha Anda, selamat mencoba.


Sumber: enterpreuner bisnis

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel