156 Sabtu, 07 Juni 2014 | 12:57:16

Bangun VS Beli Rumah

bangun-vs-beli-rumahSeismic

“Lebih baik beli rumah jadi atau bangun rumah sendiri?” Ini adalah pertanyaan yang seringkali keluar oleh kebanyakan orang yang hendak memiliki properti residensial atau hunian pertamanya. Sebenarnya ini adalah pertanyaan yang sangat wajar diajukan.

Ada beberapa yang berpendapat bahwa membangun rumah sendiri lebih memuaskan karena bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, tapi banyak juga yang berpendapat membeli rumah jadi itu jauh lebih praktis. Jika anda masih bingung keputusan apa yang akan anda ambil, simak beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pendapat dari Peluang Properti berikut ini:

 

Bangun

Kelebihan dari membangun rumah anda sendiri adalah anda dapat membangun hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan selera keluarga anda. Mulai dari desain rumah, secara interior maupun eksteriornya dapat disesuaikan dengan kegiatan keluarga anda sehari-harinya.

Kekurangan dari membangun rumah sendiri adalah persiapan ekstra matang yang harus dipikirkan, seperti pemilihan lokasi, bahan material, kontraktor, dan lain sebagainya. Anda harus melakukan riset lebih mendalam agar tidak dibohongi pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan. Untuk kebanyakan orang, membangun rumah sendiri akan lebih banyak menguras waktu dan tenaga.

 

Beli

Kelebihan membeli rumah jadi adalah anda tidak perlu repot-repot memikirkan bahan bangunan dan dana yang anda keluarkan untuk kontraktor karena anda dapat langsung menempati rumah ketika perjanjian jual beli sudah beres. Anda dapat menata rumah baru anda sesuai selera dengan perabotan yang sesuai selera dan kebutuhan anda dan keluarga.

Kekurangan dari membeli rumah jadi adalah anda tidak tahu secara detil jenis bahan material apa yang digunakan dan daya tahannya terhadap cuaca, kondisi fisik secara menyeluruh, dan lain sebagainya. Pengetahuan anda tentang rumah anda sendiri hanya sebatas yang dipaparkan oleh pihak developer. Jadi pastikan anda memperoleh informasi yang benar dari sumber yang tepat sebelum memutuskan untuk membeli rumah jadi.

 

Beli VS Jadi

Kembali lagi ke pertanyaan awal, “Jadi, beli rumah jadi atau lebih baik bangun rumah sendiri?” Apapaun pilihan anda, lakukanlah perencanaan yang matang, baik dari segi dana sampai waktu dan tenaga agar tidak ada masalah yang timbul di kemudian hari. Jangan lupa memastikan lingkungan rumah yang akan anda beli atau bangun, dan pastikan dokumen-dokumen tanah atau rumah baru anda asli, jelas, dan sah. Baiknya konsultasikan lebih lanjut keputusan anda dengan notaris atau pihak lain yang ahli.

 

Sumber: Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel