36 Rabu, 14 Mei 2014 | 12:40:38

Yuk Rencanakan Keuangan Anda!

yuk-rencanakan-keuangan-anda

Perencanaan keuangan merupakan salah satu hal yang harus dilakukan dalam hidup. Memulai hal ini memang tidak semudah yang dipikirkan. Jelas dibutuhkan kemauan serta usaha yang keras untuk mewujudkannya.  Tujuan akhir dari perencanaan keuangan adalah kebebasan finansial (financial freedom), yang dapat diartikan: bebas dari utang, tersedianya arus penghasilan dari investasi yang telah dilakukannya, serta terproteksi secara finansial dari risiko apa pun yang mungkin terjadi.

Perencanaan keuangan juga memungkinkan untuk mewujudkan tujuan dari hidup seperti menikah, memiliki rumah sendiri, memiliki kendaraan pribadi, menunaikan ibadah haji, kesiapan biaya pendidikan anak, serta tersedianya dana pensiun di hari tua.

Perencanaan keuangan akan meberikan arah dan arti bagi kehidupan sesorang. Namun perlu diingat bahwa perencanaan keuangan sangat ditentukan oleh kondisi (live event) yang sedang dialaminya. Berikut kondisi yang  dapat mempengaruhi perencanaan keuangan seseorang.

Kondisi pribadi
Kondisi pribadi sesorang meliputi usia, kondisi kesehatan , tingkat pendidikan dan pekerjaan. Usia erat kaitannya dengan kondisi kesehatan.  Pertambahan usia membuat kondisi kesehatan rentan terkena penyakit. Ini jelas akan berpengaruh pada biaya yang dikeluarkan serta kelangsungan pendapatan. Sedangkan tingkat pendidikan erat kaitannya dengan kondisi pekerjaan. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang maka semakin baik juga kondisi pekerjaan yang didapatkannya. Pekerjaan jelas menentukan besarnya pendapatan yang diterima.

Latar belakang keluarga
Perencanaan keuangan juga harus mempertimbangkan besarnya jumlah anggota keluarga yang harus ditanggung. Semakin banyak jumlah anggota yang ditanggung berarti semakin sedikit nominal pendapatan yang dapat disisihkan.

Status pernikahan
Kebutuhan orang yang sudah menikah dengan yang masih lajang jelas sangat berbeda.  Hal ini juga mempengaruhi jumlah nominal yang dapat disisihkan.

Perekonomian nasional
Kondisi ekonomi suatu negara erat kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat.  Negara yang perekonomiannya bagus akan lebih menjamin tersedianya lapangan kerja yang berimbas pada pekerjaan dan pendapatan yang akan diperoleh masyarakat.

Sumber : Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel