146 Sabtu, 10 Mei 2014 | 10:27:56

3 Pertimbangan Sebelum Investasi Kondotel

3-pertimbangan-sebelum-investasi-kondotel

Investasi kondominium hotel atau kondotel di Bali bisa menjadi potensi sumber keuangan yang menarik apabila dijalankan dengan trik bisnis yang tepat. Sampai 2016 mendatang, 67 hotel baru dan 12.226 kamar diprediksi akan memenuhi Bali.

Padahal, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), sampai 2011 saja, 22.000 kamar hotel sudah memenuhi Bali. Jumlah ini bertambah sekitar 3.400 kamar ditahun berikutnya, menjadikan jumlah yang sudah ada membengkak. Pembengkakan terus terjadi ketika di tahun 2013, terdapat tambahan sekitar 4.700 kamar, dan di tahun 2014-2016 sekitar 4.100 sehingga jumlah keseluruhannya mencapai 34.226 kamar.
Ratdi Gunawan, GM Marketing Grand Orange Condotel Pandawa Beach Bali, memberikan komentarnya mengenai hal ini, “Jika tingkat okupansi tinggi, pasti income dari sewa hotel tersebut juga tinggi. Rata-rata tingkat okupansi hotel di Bali kan di atas 85 persen,"
Grand Orange Condotel Pandawa Beach Bali sendiri mulai dipasarkan dari harga 899 juta dengan angsuran 48 kali tanpa bunga. Ratdi juga melanjutkan bahwa daya tariknya adalah, pembeli akan mendapatkan sertifikat hak milik unit yang sangat terbatas. "Saat ini sudah 55 persen terjual. Artinya, dengan daya dukung wisata, potensi kondotel di Bali masih menjanjikan,"
Ratdi mengaku optimis dengan pasar properti di Tanah Air yang kian ramai dengan berbagai pilihan produk investasinya. Jika dilandasi dengan strategi bisnis yang tepat, salah satu produk investasi yang paling menjanjikan karena banyak menarik perhatian investor belakangan adalah kondoltel. Berikut adalah tiga pertimbangan mendasar sebelum anda menentukan kondotel sebagai pilihan investasi anda:

Lokasi
Pilihlah lokasi yang berada di atau dekat di kawasan wisata, khususnya yang mempunyai target pasar yang luas seperti Bali. Apalagi mengingat banyaknya wisatawan mancanegara dan domestik yang berkunjung ke Bali setiap harinya. Tingkat okupansi hotelnya yang sangat positif dan room rate hotel yang juga tinggi, menjadikan bisnis kondotel pemasukan yang menjanjikan.
"Semakin tinggi income didapatkan dari nilai sewa hotel itu, maka semakin cepat juga pengembalian nilai return of investment atau ROI dari investasi kamar hotel tersebut," ujar Ratdi.

Operator profesional
Perhatikan pertumbuhan, ekspansi, serta pengalaman operator hotel yang ingin anda percayakan investasi anda. Operator yang profesional akan bekerja untuk menghasilkan tingkat okupansi tinggi dan room rate terbaik supaya nilai ROI yang didapatkan para investor tidak mengecewakan.

Developer berpengalaman
Tidak hanya merasa lebih aman, investor juga akan merasa lebih nyaman dalam menanamkan investasinya, karena developer atau pengembang yang berpengalaman akan menghasilkan kualitas bangunan yang terbaik. "Terlebih lagi ketika properti yang kita beli itu hasilnya sangat memuaskan," tambah Ratdi.


Sumber: Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel