88 Sabtu, 05 April 2014 | 11:26:19

Para Wanita Wajib Baca Ini!

para-wanita-wajib-baca-ini

Selama ini, banyak keluarga menyerahkan urusan keuangan, seperti investasi dan dana pensiun, kepada para suami alias kaum pria. Padahal, menurut Investor Education Fund, lembaga keuangan non-profit asal Ontario, Kanada, justru kaum wanita yang harus lebih banyak mempersiapkan hal tersebut daripada kaum pria. Karena bila berkaitan dengan dana pensiun, kaum wanita bakal menghadapi banyak hambatan gender. Contohnya:

  • Di berbagai negara, baik negara berkembang maupun maju, gaji para wanita kerap lebih rendah daripada pria. Tak hanya itu, karena seiring perjalanan waktu, perbedaan gaji itu akan menjadi semakin lebar dan kesempatan berkarier akan lebih sedikit
  • Kaum wanita adalah orang yang mengurus anak dan orang tua, sehingga menyebabkan mereka kerap tidak masuk kantor. Akibatnya, gaji mereka juga dikurangi sebagai konsekuensi
  • Secara umum, wanita hidup lebih lama daripada pria. Itu sebabnya mereka memerlukan perencanaan pensiun yang lebih panjang jangka waktunya
  • Beberapa penelitian menyebutkan, kaum wanita kerap tidak percaya diri bila berhubungan dengan membuat keputusan berinvestasi.


Berdasarkan hal di atas, maka simak empat tip agar kaum wanita dapat mempersiapkan masa depan mereka yang lebih aman:

Pahami berapa dana yang Anda harus tabung agar aman secara keuangan saat pensiun. Perkirakan berapa lama Anda akan hidup, dengan cara mempertimbangkan kondisi kesehatan Anda saat ini. Misalnya, Anda berasumsi akan hidup sampai usia 90. Lalu pikirkan kehidupan pensiun macam apa yang Anda inginkan, dan berapa uang yang dibutuhkan untuk menikmati gaya hidup tersebut. Lalu, tentukan berapa uang yang harus ditabung tiap tahun agar tujuan itu tercapai.

Jangan mengandalkan rencana pensiun pasangan Anda. Kendalikan sendiri masa depan finansial Anda: Walau tak ada kata terlambat, sangat penting menabung secara konsisten, disiplin dengan uang dan tetap menjalankan rencana keuangan agar kebutuhan unik Anda di masa depan terakomodasi.

Buat uang tak ada habisnya. Salah satu perhatian utama para pensiunan adalah bagaimana membuat uang mereka tidak habis-habis. Rencana terbaik adalah memiliki tabungan yang cukup sehingga Anda bisa hidup hanya dari penghasilan pertumbuhan investasi dan profit. Itu sebabnya, memilih instrumen investasi sangat penting. Tanyakan hal-hal sebagai berikut: Apakah saya harus berinvestasi untuk tabungan atau pertumbuhan?; Bagaimana cara saya menyeimbangkan risiko dan profit?; Berapa biaya berinvestasi? Dari situ Anda dapat mencari jalan meningkatkan tabungan dengan tingkat risiko yang Anda nyaman. Sebab, kalau Anda tak berani ambil risiko dalam berinvestasi, tabungan Anda tak akan mencapai jumlah yang diinginkan.

Pelajari investasi. Semakin banyak Anda membaca mengenai suatu hal, semakin paham pula Anda dengan investasi, dan pengaruhnya bagi kondisi keuangan Anda keseluruhan. Lakukan riset dan pahami peran perencanaan pensiun.

Nah, setelah para wanita mulai bisa berinvestasi, mereka – secara statistik – biasanya lebih pandai daripada investor pria. Itu karena kaum wanita lebih sabar dan memikirkan jangka panjang, sementara pria lebih agresif dan lebih menyukai cara pandang jangka pendek.

Sumber : Readerdigest

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel