111 Rabu, 02 April 2014 | 11:28:43

Siasati Kenaikan KPR

siasati-kenaikan-kpr

Baru dapat informasi dari bank bahwa bunga KPR naik lagi? Bisakah kita bernegosiasi dengan bank untuk bunga yang sesuai, atau lebih baik pindahkan KPR ke bank lain saja? Menurut Ligwina Hananto, perencana keuangan independen,  sistem KPR di bank ialah konvensional. Bunga KPR sering ditawarkan secara tetap untuk periode tertentu. Setelah itu, bunga pun naik mengikuti ketentuan bank. Tentu saja kita keberatan saat cicilan terpengaruh oleh kenaikan bunga bank. Tetapi, menegosiasikan cicilan tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan saat bunga KPR naik. Apa pun pilihannya, cek biaya apa saja yang akan terjadi. Jangan sampai berupaya menurunkan cicilan KPR, tetapi malah menimbulkan biaya perpindahan yang lebih besar.

  • Negosiasi bunga: biasanya ini sangat sulit dilakukan
  • Negosiasi periode utang: dengan periode lebih panjang, cicilan utang per bulan bisa diperkecil
  • Memindahkan KPR ke bank lain: ada biaya-biaya yang dapat terjadi
  • Menggunakan KPR di bank syariah: perhitungannya tidak terlalu berbeda dengan bank konvensional, tetapi cicilan bisa dipastikan tetap untuk suatu periode
  • Mengurangi pengeluaran lifestyle agar mampu membayarkan cicilan KPR dengan perhitungan bunga yang naik tersebut.(f)


Sumber : Femina

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel