92 Kamis, 27 Maret 2014 | 09:16:46

Jangan Takut Membuat Anggaran Bulanan

jangan-takut-membuat-anggaran-bulanan

Saat Anda ingin membangun kekayaan, alat terpenting yang Anda miliki adalah pendapatan. Cara terbaik memanfaatkan pendapatan Anda adalah dengan membuat anggaran bulanan. Bukan berinvestasi atau menabung untuk pendidikan anak, walaupun kedua hal ini juga sangat penting.

Anggaran yang akan membuat uang Anda mengalir ke hal-hal penting. Apabila Anda mau menginvestasikan uang di reksa dana untuk pensiun atau pendidikan, Anda yang membuat ruangan untuk Rp 100 ribu, Rp 5 juta, atau berapa pun setiap bulan untuk diinvestasikan dengan anggaran bulanan.

Mau keluar dari utang? Buatlah daftar utang dalam rencana pengeluaran Anda.
Hal yang menyedihkan adalah banyak orang yang menganggap membuat anggaran adalah ‘musibah’. Anggaran dianggap sesuatu yang tidak menyenangkan, seperti nasi dan telor ceplok setiap makan siang. Tidak mengikuti perkembangan mode terkini.

Apa yang tidak disadari oleh kebanyakan orang adalah merencanakan pengeluaran merupakan cara tercepat untuk mencapai apa yang Anda inginkan. Dimulai dari bagaimana mengontrol uang yang dimiliki hingga keluar dari utang. Hal ini merupakan dasar dalam membuat sebuah perencanaan keuangan.

Banyak orang tidak mau membuat anggaran karena takut dengan apa yang akan mereka temukan. Saat seseorang mengeluarkan uang berlebihan dan sampai pada titik harus berhadapan dengan utang menumpuk, namun hanya memiliki sedikit tabungan atau bahkan sama sekali tidak ada, mereka akan merasa malu. Kemudian berhenti membuat anggaran. Jangan sampai Anda terjebak dengan perasaan ini.

Kehidupan finansial Anda adalah sebuah bisnis. Dalam sebuah bisnis, Anda harus mengesampingkan emosi dan lebih banyak menggunakan logika. Maka dalam membuat anggaran, pinggirkan emosi sampai Anda sungguh-sungguh memiliki sebuah anggaran yang nyata.

Harus diakui, terkadang memang sulit mengabaikan perasaan dan emosi saat berbicara mengenai uang. Entah itu rasa ketakutan, marah, atau lainnya. Tapi semua itu mesti dilakukan!

Anda dapat membuat anggaran dengan cara apa pun yang menurut Anda cocok. Memiliki buku khusus, menggunakan komputer, atau pun aplikasi di mobile phone Anda. Anda harus membuat anggaran setiap bulan sebelum menerima pendapatan. Setiap bulan ada tagihan baru yang jatuh tempo seperti asuransi, pajak, ulang tahun, liburan, tagihan listrik atau telepon yang berubah. Tidak ada anggaran yang sempurna berlaku setiap bulan.

Bila Anda mau menang dalam permainan uang, Anda harus menyukai hal-hal detail setiap bulan. Mengubah kebiasaan awalnya memang sulit. Anda perlu komitmen untuk memperbaiki kondisi finansial. Mumpung sebentar lagi gajian, yuk coba buat anggaran sekarang!

Sumber : Yahoo News

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel