40 Senin, 24 Maret 2014 | 09:35:32

Cermat dan Hemat Membeli Oleh-oleh

cermat-dan-hemat-membeli-oleh-oleh

Aktivitas wajib jika Anda sedang atau hendak berwisata adalah membeli oleh-oleh atau cinderamata. Seringkali sebeelum pergi berlibur banyak sekali yang menitip pesan, "Jangan lupa oleh-oleh ya!". Mulai dari keluarga, teman ataupun rekan kerja. Berikut sedikit tips cermat dan hemat untuk membeli oleh-oleh pada saat Anda berlibur.

Sisihkan dana
Ada baiknya sisihkan budget terlebih dahulu sebelum memulai berlibur khusus untuk membeli oleh-oleh. Simpan secara terpisah dengan dana akomodasi, agar lebih leluasa tanpa takut kehabisan uang membeli oleh-oleh. Siapkan patokan dana yang akan dikeluarkan untuk membeli oleh-oleh.

Buat daftar incaran
Agar dana yang dikeluarkan tidak terlalu besar, ada baiknya Anda menentukan terlebih dahulu siapa saja yang akan dibawakan oleh-oleh. Buatlah urutan prioritas, sehingga bila dana yang dialokasikan sudah tidak cukup, tidak perlu bingung untuk membelikan siapa terlebih dahulu.

Survei
Setelah menyisihkan dana dan membuat daftar siapa saja yang akan dibelikan oleh-oleh, ada baiknya cari tahu di mana tempat oleh-oleh yang menjadi langganan" para wisatawan.

Sehingga, tidak membuang waktu untuk mencari tempat oleh-oleh, dan tentunya akan mendapatkan oleh-oleh dengan harga yang istimewa. Anda bisa bertanya pada yang pernah mengunjungi tempat berlibur sebelumnya, ataupun mencari tahu di internet.

Tawar-menawar
Jika membeli di pasar tradisional, ataupun pusat oleh-oleh ada baiknya lakukan tawar menawar. Karena terkadang ada pedagang yang menaikan harga, tahu kita hanya wisatawan yang datang berkunjung.

Teliti
Sebelum sepakat membeli barang dan membawanya pulang, teliti terlebih dahulu. Hal ini penting agar tidak kecewa dengan oleh-oleh yang akan dibawa.

Sebagai contoh jika membeli baju atau kaus khas daerah yang Anda kunjungi, coba lihat jahitannya, kancingnya, dan ukurannya. Jika Anda membeli makanan khas daerah, ada baiknya dicoba terlebih dahulu dan jangan lupa perhatikan tanggal kadaluarsa dari makanan tersebut


Penulis: /MUT
Sumber : Berita Satu


📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel