63 Jum'at, 28 Februari 2014 | 02:33:23

Rahasia Liburan Hemat

rahasia-liburan-hemat

Liburan, adalah waktu yang di tunggu-tunggu oleh semua keluarga. Selain untuk melepas penat dan memulihkan kembali fisik dan mental yang lelah akibat rutinitas sehari-hari, juga dapat memberikan pengalaman yang seru dan menyenangkan untuk anak. Tapi jika dana yang ada terbatas, bagaimana solusinya agar liburan bisa berjalan tanpa mengurangi dana untuk hal-hal yang utama?

Buat rencana
Buat rencana kemana keluarga akan pergi berlibur. Hal ini terkait dengan dana yang akan di keluarkan. Jika di dalam kota, makan dananya lebih kecil, sedangkan jika di luar kota, atau luar daerah, bahkan mungkin luar negeri, membutuhkan dana yang tidak sedikit. Buat Cheklist kota atau tempat wisata apa saja yang akan menjadi tujuan, berapa tiket masuknya, bagaimana transportasinya, apakah dapat menggunakan kendaraan pribadi, atau harus naik pesawat. Dimana keluarga akan menginap. Jika di tempat wisata yang di tuju ada rumah saudara, lebih baik jika kita menginap di sanak family. Selain bersilaturahmi, juga dapat mengurangi anggaran untuk penginapan. Untuk makanan, apakah bisa membawa makanan matang dan dimakan ditempat tujuan (sehingga tidak perlu mengeluarkan dana untuk makan). Dan jangan lupa untuk memperhitungkan biaya yang tidak terduga.

Disiplin menabung
Disiplinkan diri Ibu untuk menyisihkan dana setiap bulannya untuk ditabung. Buat tabungan yang tidak dapat diambil sewaktu-waktu misalnya dengan tidak menggunakan kartu ATM. Masukkan poin tabungan di dalam neraca keuangan keluarga, agar selalu tersedia dana untuk di tabung Bila menggunakan prinsip pengelolaan keuangan konvensional yaitu Penghasilan – Pengeluaran = Tabungan, maka Anda tidak akan pernah punya dana lebih untuk liburan. Gunakan metode “Penghasilan – Tabungan = Pengeluaran”, agar dana untuk tabungan dapat terus ada dan tidak bergantung kepada banyaknya pengeluaran. Ibu juga dapat mengajarkan balita menabung dengan memberikannya celengan bergambar tokoh kesukaannya, dan mengisinya dengan sebagian uang jajan yang Ibu berikan.

Alternatif berlibur
Liburan tidak harus ke luar kota atau ke pantai. Ibu dapat mengajak  balita menikmati liburan sekaligus belajar. Mengunjungi museum dan tempat bersejarah membuat balital menghargai bangsanya. Ibu juga dapat mengajak balita menghabiskan liburan di klub kreativitas, balita dapat mengikuti kelas menggambar, melukis, membuat kerajinan tangan dan lain sebagainya. Atau Ibu dapat meningkatkan kepercayaan balita dengan mengajaknya mengikuti kegiatan outbound yang seru.

Ayo mulai sekarang kita rencanakan kemana akan berlibur dan jangan lupa untuk disiplin menabung. (me)

Sumber : Ayahbunda

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel