88 Kamis, 27 Februari 2014 | 04:23:15

Biaya Listrik Aman, Nonton TV Nyaman

biaya-listrik-aman-nonton-tv-nyaman

Mengisi waktu luang dengan menonton TV memang tidak ada salahnya, tetapi bila proses penggunanaan dan pemilihan saja tidak tepat, tagihan listrik pun akan membengkak. Kebutuhan akan alat elektronik yang satu ini sudah menjadi hal lumrah bagi masyarakat. Mengusir rasa bosan dan jenuh. Ya, begitulah kira-kira peran televisi dalam rutinitas harian. Tidak heran dalam satu keluarga ada yang sampai memiliki lebih dari satu televisi.

Alasannya sederhana, beda selera, beda hobi, dan beda channel favorit. Namun, ketika berbicara mengenai upaya hemat energi, tentu TV termasuk salah satu peralatan elektronik yang kerap ikut andil dalam pembengkakan listrik rumah tangga. Untuk itu, para penikmat televisi perlu menyiasati upaya-upaya apa saja yang harus dilakukan agar penggunaan televisi tidak sampai membuat biaya listrik jebol.

Berikut ini tips ampuh dalam penggunaan TV yang efektif, efisien, dan pastinya hemat energi.

1. Gunakan timer
Terkadang kita tidak sadar telah berapa lama kita menonton tayangan televisi. Bahkan tidak jarang ada yang tertidur atau dibiarkan menyala begitu saja, padahal tidak ditonton. Pada saat itulah fungsi fitur timer digunakan. Atur dan perkirakan waktu yang akan anda habiskan saat menonton TV. Sepele memang, tapi cukup ampuh dalam menghemat energi.

2. Atur kontrast & brightest
Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa tingkat kecerahan dan ketajaman TV mempengaruhi konsumsi listrik yang digunakan. Namun, TV masa kini sudah banyak yang dilengkapi dengan teknologi eco-save yang dapat mengatur tingkat kecerahan sesuai dengan tingkat keterangan ruangan.

3. Matikan saat tidak ditonton
Pada umumnya, TV dalam keadaan standby akan mengonsumsi energi listrik sekitar 0,5–1watt. Karena itu, jika TV tidak digunakan untuk waktu lama, sebaiknya matikan TV. Sebaiknya jangan langsung mencabut langsung dari stop kontak karena dapat merusak kabel TV. Gunakan power strip (sakelar tambahan dengan tombol on-off) agar lebih aman.

Dengan mengikuti langkah di atas, acara menonton TV Anda pun akan semakin menyenangkan, karena tidak perlu resah memikirkan konsumsi energi listrik yang membengkang. Selamat mencoba!


(Selvia Martiani)
Sumber : Tabloid Rumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel