47 Senin, 17 Februari 2014 | 11:40:53

Ayo Cicipi Laba Reksadana

ayo-cicipi-laba-reksadana

Tak bisa dipungkiri bahwa reksadana adalah salah satu jenis investasi keuangan yang sudah lama eksis dan cukup populer di Indonesia. Itu karena reksadana memiliki sejumlah kelebihan, misalnya selain dapat diinvestasikan dalam jumlah uang yang tidak besar, yaitu antara Rp100 ribu-Rp200 ribu, reksadana juga mudah dibeli karena beberapa Manajer Investasi dan agen penjual reksadana sudah menyediakan fasilitas pembelian online.

Selain itu, karena reksadana dikelola oleh para Wakil Manajer Investasi profesional yang memang memiliki kompetensi, return of investment (ROI) yang dihasilkan cukup menarik bahkan dapat melebihi laju inflasi jika dapat memilih produk yang tepat.

Berikut adalah empat jenis reksadana yang masing-masing berbeda dari sisi komposisi portfolio investasi, tingkat risiko dan jangka waktu investasi, yang termasuk dalam reksadana konvensional, satu dari dua kelompok reksadana – kelompok lain adalah reksadana terstruktur.

Reksadana Pasar Uang. Biasanya menginvestasikan dananya di produk-produk pasar uang, seperti deposito, surat utang jangka pendek yang memiliki risiko rendah. Reksadana jenis ini cocok digunakan untuk tujuan jangka pendek, atau kurang dari setahun.

Reksadana Pendapatan Tetap. Menggunakan produk-produk investasi yang memiliki return of investment (ROI) cukup stabil seperti obligasi. Tujuan-tujuan jangka menengah, yaitu antara 1-3 tahun, cocok dicapai dengan menggunakan reksadana ini.

Reksadana Saham. Merupakan reksadana yang memiliki risiko paling tinggi karena sebagian besar portfolionya terdiri dari saham. Reksadana ini digunakan untuk tujuan jangka panjang atau lebih dari lima tahun.

Reksadana Campuran. Jenis reksadana ini adalah gabungan dari reksadana pendapatan tetap dan reksadana saham sehingga lebih cocok untuk digunakan untuk tujuan jangka menengah-panjang, misalnya antara 3-5 tahun. (Antono Purnomo)

Sumber : Readerdigest

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel