63 Senin, 03 Februari 2014 | 09:49:27

5 Cara Menilai Prospek Properti

5-cara-menilai-prospek-properti

Investasi properti saat ini merupakan salah satu investasi dengan prospek cerah di Indonesia. Membaiknya kondisi perekonomian, memacu bertambahnya jumlah kelas menengah di Indonesia. Tentu ini ikut mengkerek tumbuhnya permintaan terhadap properti. Sebagai investor, Anda harus jeli membaca prospek properti Anda.

"Sebelum Anda melakukan keputusan untuk berinvestasi pada suatu lokasi tertentu, Anda perlu mengamati keunggulan dan kelebihan calon lokasi investasi properti Anda, " kata pakar properti, Panangian Simanungkalit.

Setidaknya, ada lima faktor yang harus Anda perhatikan mengenai prospek investasi properti yang Anda lakukan, di antaranya yakni :

1. Bagaimana prospek pertumbuhan nilai properti di kawasan itu?
Berbicara mengenai prospek, sebelum Anda membuat prediksi pertumbuhan nilai investasi properti di kawasan Anda, ada tujuh hal yang harus Anda perhatikan. Yaitu apakah ada rencana tata kota, pembangungan jalan, pembangunan jalan arteri, pembangunan mal, pembangunan growth center, pengembangan daerah komersil, perkantoran baru di kawasan itu?

2. Bagaimana status siklus hidup dari kawasan itu?
Anda harus jeli menilai kawasan properti Anda. Menurut Panangian, kawasan sunrise atau kawasan baru berkembang di bawah 60 tahun merupakan kawasan yang prospektif. Karena dianggap memiliki usia yang relatif muda. Tidak hanya itu, Panangian memprediksi nilai properti dikawasan ini selama lima tahun kedepan bisa meningkat hingga 10 persen per tahun untuk semua jenis investasi.

3. Bagaimana rencana tata kota di kawasan itu?
Semakin baik dan tertata rapi penataan kota oleh pemerintah setempat di kawasan investasi Anda, maka akan semakin berkembang kawasan itu.

4. Di mana posisi lokasi properti Anda dalam kota?
Anda juga perlu mengetahui lokasi persis investasi properti Anda di dalam peta rencana tata ruang kota.

"Dimana pun lokasi investasi Anda tidak menjadi soal, yang terpenting pastikan lokasi investasi Anda terdapat pada sunrise area," ucapnya.

5. Bagaimana aktivitas kawasan properti Anda?
Anda harus mengamati orientasi aktivitas kawasan investasi properti Anda. Semakin dekat dengan pusat perbelanjaan, maka lokasi ini akan semakin prospektif. (wdi)

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel