91 Senin, 13 Januari 2014 | 12:30:32

Tidak Lucu... Uang Habis Hanya untuk Cicilan Rumah!

tidak-lucu-uang-habis-hanya-untuk-cicilan-rumah

Memiliki rumah merupakan impian semua orang. Bagi yang memiliki uang berlebih, memang membeli secara tunai akan lebih menguntungkan. Namun, mereka yang menggantungkan pada gaji bulanan, mencicil rumah adalah langkah mudah untuk memiliki rumah sendiri. Menyicil rumah, bukan berarti harus menghabiskan gaji Anda setiap bulan. Tidak lucu jika setiap bulan yang tertinggal hanya slip gaji, sementara hampir semua uang Anda habis untuk cicilan rumah. Berikut ini tip pembiayaan sehat dari Mike Rini, seorang financial planner:

- Jumlah total cicilan hutang (secara keseluruhan) jangan melebihi 1/3 dari pendapatan, sehingga biaya operasional sehari-hari tidak terganggu.

- Apabila pendapatan kurang cukup, maka besar cicilan bisa diperingan dengan memperpanjang masa kredit. Misalnya, dari 5 tahun ke 10 tahun.

- Ingat, bank hanya membantu 80% dari nilai apraisal rumah. Anda harus menyiapkan 20% sisanya sebagai down payment (DP) + 10% lagi untuk membayar biaya notaris dan pajak-pajak. Siapkan dana ini dengan menabung 1–3 tahun sebelumnya. Agar lebih cepat, konsentrasikan bonus, THR, dan pendapatan sampingan Anda untuk tabungan ini.

- Kalau memungkinkan, bernegosiasilah dengan pemilik rumah agar Anda bisa membayar DP secara mencicil pula.

Selamat mencicil rumah!

Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel