49 Senin, 06 Januari 2014 | 09:28:05

3 Cara Berhenti Boros

3-cara-berhenti-boros

Menghabiskan uang itu mudah. Tak perlu mentor. Beli saja apa yang Anda mau. Tapi bagaimana cara menghentikannya? Cobalah tiga cara sederhana ini:

1. Buat batasan
Sebagai langkah awal, cobalah buat daftar kebutuhan: tetap dan tidak tetap. Hitung biayanya. Setelah itu cek, apakah Anda termasuk yang berlebihan alias boros. Ingat, keinginan tidak masuk dalam daftar hitungan.

Dengan cara itu, sebenarnya Anda sedang membuat anggaran. Sesuaikan kebutuhan dalam daftar dengan target yang ingin dicapai, baik dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang.

2. Berbagi target
Berbincanglah dengan orang lain tentang target yang ingin Anda capai. Yakinkan mereka tentang rencana mengurangi pengeluaran demi mencapai target yang dinginkan. Hal ini akan memberikan motivasi kepada Anda untuk merengkuh target yang sudah dipancang.

Pada umumnya, dengan barbagi - baik kesuksesan maupun kegagalan - membuat orang lebih memperhitungkan setiap langkahnya. Terutama terkait dengan pengaluaran.

3. Hindari godaan
Jangan lakukan banyak hal dengan cara mendadak. Biasanya hal itu membuat Anda kurang perhitungan dan berbiaya lebih mahal. Contohnya liburan. Semakin lama waktu dipersiapkan, semakin murah biaya yang dikeluarkan.

Begitu pun dengan membeli perangkat telekomunikasi. Cobalah baca dulu ulasan-ulasan yang banyak bertebaran di internet. Ketahui apa yang sesungguhnya Anda butuhkan. Hindari "lapar mata".

Ingat, hemat bukan berarti pelit. Hanya lebih hati-hati atau perhitungan dalam berbelanja.

Penulis  : Nur Cahyo
Sumber : Yahoo News

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel