86 Senin, 23 Desember 2013 | 03:17:52

Amplop untuk Resepsi

amplop-untuk-resepsi

Tidak dapat ditolak, kadang dalam sebulan, bahkan seminggu, banyak sekali undangan pernikahan yang datang. Memang dana untuk undangan-undangan seperti ini sulit dianggarkan secara spesifik, karena kita tidak pernah tahu berapa banyak undangan yang akan kita terima pada tahun tertentu. Tapi, bila tidak dianggarkan sama sekali, Anda bisa kewalahan ketika suatu saat kebanjiran undangan.

Dari anggaran pengeluaran Anda, sebaiknya ada yang namanya ‘pos sosial’. Pos ini untuk hal-hal seperti amplop pernikahan, hadiah ulang tahun, amplop belasungkawa, dan sejenisnya. Memang, sulit untuk mengetahui persis jumlah anggaran yang pas untuk dana seperti ini. Karena itu, Anda dapat melakukan beberapa hal. Antara lain, menggunakan dana yang rata-rata dikeluarkan di tahun-tahun sebelumnya sebagai patokan. Sisihkan persentase tertentu dari penghasilan Anda untuk pos ini.

Bila nanti ternyata dana pos sosial tersebut masih tersisa, Anda dapat pindahkan dana tersebut ke pos investasi. Tapi, bila dana pada pos sosial Anda di tengah tahun menipis, bahkan cenderung kurang sampai akhir tahun, Anda dapat mengambil ekstra dari pos investasi (yang bersifat jangka pendek).

Cara lain, Anda bisa bergabung dengan beberapa teman untuk membelikan hadiah tertentu untuk kado ulang tahun dibandingkan membeli hadiah sendiri. Hasilnya? Anda akan lebih irit dalam menggunakan pos sosial, sementara barang yang dapat dibeli akan lebih berharga karena kumpulan dananya lebih besar hasil gabungan dari beberapa teman. (f)


Sumber : Femina

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel