65 Jum'at, 20 Desember 2013 | 12:21:02

Yuk, Berhemat dari Rumah!

yuk-berhemat-dari-rumah

Menghemat uang dan hidup sederhana seharusnya menjadi sifat kedua bagi keluarga. Mewujudkannya, Anda  perlu membuat beberapa perubahan di rumah, dan mulai mencari cara menghemat uang sedapat mungkin hingga memodifikasi kebiasaan. Berikut empat langkah untuk menghemat uang dari rumah dengan mudah dan tak membebani.

Masak  dan Makan di Rumah
Cobalah membeli bahan baku dalam jumlah besar dan memasak di rumah. Hindari makan makanan kemasan dan makanan olahan yang  mahal, baik untuk makanan utama maupun  makanan ringan.  Jika memang menjadwalkan makan diluar bersama keluarga, makan diluar hanya pada kesempatan tertentu saja. Jangan makan diluar setiap akhir pekan.

Agar jadwal makan tidak terganggu karena penghematan, rencanakan ke depan apa yang akan dimakan oleh sekeluarga. Pastikan Anda sudah memiliki semua bahan yang dibutuhkan dan bisa menghabiskan sesuai rencana dapur Anda.

Buatlah Produk Pembersih Sendiri
Alih-alih membeli pembersih konvensional yang penuh dengan bahan kimia dan bahan beracun, maupun membeli pembersih alami yang mahal. Jika perlu buatlah  pembersih  rumah nan murah, berbahan serbaguna. Ini menghemat  ratusan ribu rupiah setiap tahun. Cobalah browse cara membuat pembersih rumah yang ramah lingkungan di internet. Lalu coba membuatnya sendiri mulai sekarang.

Beli Barang Bekas
Sebisa mungkin, cobalah prioritaskan untuk membeli item bekas (misalnya di garage sale) sebelum kita pergi  membeli barang-barang baru. Barang bekas yang dapat dibeli  termasuk pakaian, peralatan  anak-anak, dekorasi rumah, perabot, barang-barang dapur, dan banyak lagi. Anda juga dapat berbelanja di toko barang bekas, toko konsinyasi,  garage sale, dan toko konsinyasi anak-anak. Jangan lupa manfaatkan situs online seperti eBay, Craigslist, ataupun Kaskus, untuk mendapatkan barang bekas berkualitas.

Manfaatkan Kembali
Manfaatkan kembali dan mengolah beberapa barang di sekitar rumah  sebanyak mungkin sebelum membeli barang baru. Simpan beberapa barang yang biasanya langsung meluncur ke tempat sampah. Daur ulang mereka sebagai  proyek seni maupun kerajinan.  
Kembangkan kebiasaan untuk menyelamatkan keuangan keluarga Anda  selama berbulan-bulan bahkan tahun mendatang. Ini memungkinkan Anda mendapatkan uang lebih untuk hal-hal lain, seperti, membayar hutang, menabung, maupun melakukan liburan keluarga yang telah diimpikan!

Laili
Sumber : Tabloid Nova

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel