111 Jum'at, 20 Desember 2013 | 12:11:19

10 Cara Menyelamatkan Anggaran Keluarga

10-cara-menyelamatkan-anggaran-keluarga

Menghadapi krisis global, kita perlu menyelamatkan keuangan keluarga dengan cara penghematan. Di samping tetap harus bekerja dan mencari usaha tambahan. Inilah 10 cara agar keuangan keluarga Anda terselamatkan.

Jual Rumah
Jika Anda  berhutang lebih banyak karena rumah, cobalah hubungi pemberi pinjaman  untuk melihat apakah Anda memenuhi syarat untuk modifikasi pinjaman. Jika pemberi pinjaman  tidak menemui kesepakatan, pertimbangkan untuk negosiasi penjualan cepat rumah Anda. Kendati ini memerlukan beberapa pertimbangan. Terlepas dari mana sisi mana Anda memutuskan, pastikan untuk berkonsultasi dengan kuasa hukum maupun perencana keuangan untuk memastikan Anda memenuhi syarat untuk menjual rumah tersebut.

Satu Atap Banyak Keluarga
Pikirkan kembali untuk bergabung dengan ibu dan ayah dalam satu rumah. Kendati sulit, pikirkan jika hidup serumah secara multi-generasi  tidak harus berlangsung selamanya. Jangan sepelekan karena ini bisa jadi salah alternatif pemecahan masalah keuangan. Sebuah studi Pew Research Center menemukan,  pada tahun 2009, 6,6 juta rumah di Amerika ditempati setidaknya tiga generasi keluarga. Kondisi ini meningkat 30% dari tahun 2000.

Penelitian selanjutnya menyimpulkan, kenaikan lingkungan multi-generasi  sangat dipengaruhi oleh kekurangan ekonomi  dan jatuhnya perekonomian keluarga. Jika Anda terpaksa harus bergabung dengan orangtua, pikirkan sisi positif seperti tenaga bantuan dalam merawat anak, bantuan dalam pengerjaan pekerjaan rumah tangga, berbagi biaya hidup (termasuk tagihan listrik, air dan telepon), serta penghematan dari pos belanja dan memasak harian.

Maksimalkan Penggunaan Kupon Belanja
Kecuali jika Anda berbelanja di toko kelontong tradisional, berbelanja dengan kupon belanja dapat membuat penghematan. Menurut Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat dan Biro Statistik Tenaga Kerja AS, rata-rata rumah tangga di AS (dengan anggota 2 orang dewasa dan satu anak) menghabiskan lebih dari $ 3.000 per tahun ketika berbelanja ke toko sayuran. Salah satu cara memangkas pengeluaran tersebut dengan memanfaatkan kupon yang kerap terdapat di koran lokal maupun situs kupon dan potongan harga di internet. Anda juga dapat mencari potongan harga dengan mendaftar pada produsen utama (seperti Proctor and Gamble, Unilever, dan sejenisnya) untuk kemungkinan promo atau diskon yang dikirim ke inbox Anda.

Ubah Hobi Jadi Usaha
Jadikan hobi sebagai usaha sampingan Anda. Dalam resesi, memulai bisnis kerap kali menjadi hal tersulit untuk dilakukan. Namun beberapa ahli mengatakan, saat resesi merupakan saat tepat memulai usaha karena banyak perusahaan besar memangkas pelayanan, saluran produk dan personil.  “Banyak  perusahaan besar di amerika termasuk The Walt Disney Company juga Microsoft, memulai usaha ketika perekonomian sedang kurang beruntung. Sekali Anda telah memutuskan produk atau jasa yang dijual, gunakan situs website untuk membangun profil Anda,” ungkap Julie Jumonville, co-pendiri Upspring Baby. Jangan lupa, perhatikan bakat, hobi dan keahlian yang Anda miliki untuk mendatangkan yang lebih banyak uang.

Hasilkan Uang dari Blog
Ada cara sederhana dan mudah untuk memaksimalkan  sesuatu yang Anda mungkin sudah miliki. Membuat uang dari blog pribadi. Blog pribadi  Anda  memungkinkan pengiklan untuk menempatkan iklan mereka di situs. Sistem bayar per-klik iklan biasanya dijalankan oleh Yahoo dan Google  secara otomatis dikirim ke blog Anda berdasarkan kata kunci yang terkandung di situs. Idealnya, jika Anda nge-blog tentang masakan organik, kata kunci Anda  akan mendorong pengiklan untuk menempatkan iklan di situs  soal saus spaghetti dan buku resep hidup ramah lingkungan. Jika  Anda memiliki banyak kunjungan ke blog, ini akan membuat uang tambahan.

Cari Gratisan di Internet
Ada banyak hal yang ditawarkan gratis di Internet,  Anda hanya perlu menemukannya. Situs seperti heyitsfree.net dan thatfreebiesite.com kerap meng-update blog mereka  dengan kupon terbaru, promo gratis, dan kelebihan lain yang tersedia untuk hampir semua orang. Anda juga dapat menerima banyak hadiah dengan bergabung pada “klub ulang tahun” di situs restoran favorit untuk mendapatkan promo makanan pembuka gratis, boneka, dan lainnya. Jangan lupa untuk sering-sering menengok inbox Anda.

Ambil Keuntungan dari Teman (dalam pengertian baik)
Ajaklah ibu-ibu di lingkungan Anda untuk melakukan pertukaran barang. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan beberapa barang yang dibutuhkan tanpa harus membeli yang baru. Misalnya, Anda menukarkan beberapa perlengkapan bayi yang masih layak dan sudah tak terpakai dengan pernik rumah ibu yang lain. Coba yakinkan mereka jika cara ini jauh lebih murah ketimbang menjual dan membeli barang second dari situs jual beli online.

Lewatkan Acara Berbelanja Ke Pasar
Jangan panik. Kami tidak menyarankan untuk membiarkan keluarga Anda kelaparan. Namun cobalah lewatkan jadwal ke pasar minggu ini dan paksakan diri untuk memanfaatkan apa yang sudah ada di tangan.

Belanja dengan Fasilitas Asuransi
Cobalah ambil 15-20 menit untuk membandingkan  antara mengambil mobil baru atau menjadi pemilik polis asuransi. Para ahli mengatakan, kita harus melakukan ini setiap tiga tahun, khususnya jika  mengalami perubahan gaya hidup, seperti relokasi atau berganti transportasi. Jika perlu minta perusahaan memberi Anda polis asuransi, mereka mungkin bersedia untuk menegosiasikan kesepakatan yang lebih baik.

Lebih Cerdas
Hilangkan malu, dan hal-hal tak terduga lain, misalnya, gunakan ponsel pra-bayar ketimbang  abonemen.  Menganggarkan sebelum pemakaian dapat menambahkan uang ke rekening.  Ini juga dapat dilakukan pada jasa lain seperti pada tagihan listrik.  Jika tak sesuai dengan keinginan (maupun anggaran), lakukan sedikit riset dan pertimbangkan beralih ke pra-bayar.

Laili
Sumber : Tabloid Nova

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel