54 Jum'at, 20 Desember 2013 | 12:05:03

13 Kiat Berhemat

13-kiat-berhemat

Kenyataannya, uang bersifat mengalir seperti air. Mereka masuk dan keluar seperti aliran sungai. Ada pemasukan, tetapi jika tak ada pengelolaan dan penyimpanan yang benar, maka akan kembali ke laut lagi.  Jika Anda menyadarinya sekarang, maka perlu perubahan dari sekarang. Berani mencoba? Berikut ini ada 13 cara agar finansial Anda lebih sehat.

1. Memasak lebih sering
Jangan kira memasak hanya membuat pemborosan. Jika Anda mengkalkulasikan dengan benar, membawa bekal makan siang masakan sendiri sebenarnya lebih menghemat pengeluaran. Apalagi jika Anda membawakan bekal makan siang suami dan anak-anak pula.

2. Beli teko pembuat kopi tipe French Press
Jika Anda dan pasangan adalah penikmat kopi, akan lebih baik memiliki French Press (semacam teko tinggi yang bisa menyaring kopi) yang memungkinkan membuat kopi dengan bahan yang  lebih  setiap hari.

3. Pilih satu jenis olah raga dan lakukan dengan serius
Tak perlu  memiliki keanggotaan gym juga keanggotaan  di tempat yoga. Sebaiknya pilih salah satunya saja.

4.Lebih banyak berjalan
Jika Anda benar-benar ingin menghemat uang, berjalan dapat membantu  kebugaran sekaligus menghemat uang bensin dan uang parkir.

5. Pangkas satu biaya bulanan
Potong (setidaknya) salah satu biaya bulanan misalnya, iuran televisi kabel,  keanggotaan butik atau tempat belanja, atau biaya-biaya tambahan yang sebenarnya tidak diperlukan. Siapa tahu, ini mungkin akan menjadi hal terbaik yang pernah Anda lakukan.

6. Singkirkan rak penyimpanan
Unit penyimpanan terkadang digunakan untuk hal yang kurang layak. Bahkan membuat Anda boros menyimpan hal-hal dalam jumlah berlebih. Jika memang tak diperlukan, singkirkan saja.

7. Meminjam daripada membeli
Jika ada barang yang  hanya sesekali setahun digunakan, seperti tangga lipat, tenda berkemah, pembakar barbeque dan seterusnya, pertimbangkan untuk meminjam saja.

8. Membeli di toko murah
Jika Anda menemukan toko serba lima ribu atau toko barang-barang murah, prioritaskan untuk membeli dari toko tersebut.

9. Pasang  termostat terprogram
Jika Anda pengguna air conditioner setiap hari, cobalah pasangan  termostat  terprogram seperti buatan Nest yang dapat dikontrol dengan wi-fi, I-phone, Mac, maupun mengenali kebiasaan Anda.

10. Rencanakan makan sup setiap minggu
Menjadwalkan makan sup adalah ide yang sangat cerdas. Sup bisa digunakan untuk memasak kembali sisa makanan sehingga cukup menghemat.

11.Gunakan kain serbet
Akan lebih boros ketika Anda lebih banyak mengandalkan kertas tisu dalam tugas dapur. Namun kain serbet adalah penghematan karena Anda hanya butuh mencucinya setiap beberapa minggu.

12. Berbelanja di toko barang bekas
Berbelanja di toko barang bekas maupun garage sale kini sudah menjadi gaya hidup yang lebih bergengsi.Tak ada salahnya memburu toko barang bekas mulai saat ini, ketika membutuhkan sesuatu.

13. Kurangi pengeluaran
Ini adalah hal yang paling pokok ditanamkan dalam benak. Seharusnya ini tidak sulit mengingat kita telah memiliki terlalu banyak barang.

Semoga bermanfaat

Laili
Sumber : Tabloid Nova

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel