80 Rabu, 18 Desember 2013 | 02:42:14

Kiat Menyiapkan Dana Belanja di Musim Diskon

kiat-menyiapkan-dana-belanja-di-musim-diskon

Penghujung tahun selalu identik dengan perang diskon di mall. Semakin banyak diskon yang ditawarkan biasanya semakin banyak pengunjung di mall tersebut. Belanja saat diskon memang sah-sah saja. For most women, shopping is therapy. Tetapi bila setelah belanja Anda malah pening ketika harus berhadapan dengan tagihan kartu kredit yang membengkak, maka belanja saat diskon menjadi sia-sia. Yuk siapkan dananya agar pengalaman belanja jadi menyenangkan.

Berikut kiat-kiatnya.

1. Punya anggaran
Terdengar membosankan, namun, kecuali Anda punya penghasilan tidak terbatas, semua orang butuh anggaran untuk mengetahui kemampuan finansialnya. Tetapkan bahwa maksimal 20 persen dari penghasilan boleh dibelanjakan sesuka Anda.

2. Buka rekening shopping
Pisahkan dana belanja ke rekening terpisah agar tidak khilaf atau tercampur dengan rekening pengeluaran sehari-hari. Anda bahkan bisa meminta kepada bank agar setiap bulan dana belanja otomatis ditransfer dari rekening gaji. Selalu periksa saldo dalam rekening ini sebelum memutuskan berbelanja untuk memastikan Anda punya cukup saldo untuk membayarnya. Termasuk ketika Anda menggunakan kartu kredit.

3. Ingin atau butuh?
Tidak peduli seberapa canggih perencanaan keuangan Anda, semuanya tidak akan berhasil kalau tidak ada kontrol dari diri pribadi. Cobalah untuk berlatih lebih bijak ketika mengambil keputusan untuk membelanjakan uang Anda. Benarkah Anda membutuhkannya? Hanya karena barang tersebut terlihat bagus di majalah atau di situs toko online favorit, belum tentu akan bagus pula Anda kenakan. Tentunya sayang jika membelanjakan uang untuk hal-hal yang nantinya hanya akan menjadi penghuni tetap lemari Anda.

Ketika berhasil memisahkan dan setia mematuhi anggaran Anda serta andal  dalam membedakan antara keinginan dan kebutuhan, silakan belanjakan uang Anda karena uang yang  diletakkan pada rekening shopping adalah uang yang tidak dibutuhkan untuk membayar tagihan rutin dan bukan juga uang investasi untuk masa depan seperti dana pensiun, dana pendidikan anak atau dana tujuan finansial lainnya. Ini adalah uang hasil jerih payah Anda dan Anda berhak membelanjakannya untuk hal-hal yang membuat Anda senang.

Selamat berbelanja.

Sumber : Yahoo News

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel