60 Selasa, 17 Desember 2013 | 12:24:20

Liburan Hampir Tiba, Yuk Siapkan Dananya

liburan-hampir-tiba-yuk-siapkan-dananya

Mendekati penghujung tahun, topik hangat yang sering dibahas adalah mau ke mana liburan akhir tahun Anda? Bagi kita yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, dengan segala macam problem dan kemacetannya, maka liburan sudah menjadi suatu kebutuhan. Anda sendiri tidak harus kaya raya untuk bisa menikmati liburan tersebut. Akan tetapi anda harus memperhatikan biaya-biaya lainnya di dalam perjalanan liburan yang dapat memperbesar anggaran liburan itu sendiri.

Banyak yang ingin berlibur di dalam kota dan dalam negeri dan mengunjungi tempat wisata Indonesia yang indah ini, tapi dalam kondisi high season akhir tahun ini ternyata bila dihitung biayanya hampir sama dengan berlibur di luar negeri, khususnya dikawasan ASEAN.

Bila anda ingin berlibur tanpa harus menghabiskan seluruh tabungan Anda, ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

1. Beli tiket paket terusan lebih murah
Apabila anda berpikir untuk berpergian ke beberapa kota, beberapa maskapai penerbangan bisa memberikan harga paket tiket terusan yang jauh lebih murah daripada Anda beli satu persatu.

Atau bisa juga kombinasi antara tiket pesawat udara dengan bus antar kota antar negara. Agen perjalanan dapat membantu anda untuk mengatur hal ini. Kunci dari hal ini adalah buat perencanaan perjalanan jauh-jauh hari dan perhitungkan letak kota atau bahkan negaranya, agar biaya bisa ditekan seminimal mungkin.

2. Riset tujuan wisata
Ketika kita berpergian ke beberapa kota, lakukan riset tentang biaya tinggal di kota tersebut. Kota-kota besar memerlukan biaya yang lebih besar seperti hotel dan makan, sementara kota kecil biayanya juga lebih kecil.

3. Gunakan transportasi publik
Transportasi private seperti taksi dan airport shuttle biasanya cukup mahal dibandingkan transportasi publik biasa. Kalau Anda melakukan perjalanan antar kota, sering kali akan lebih murah menggunakan bus atau kereta dibandingkan pesawat kecil.

Bahkan menyewa mobil terkadang jauh lebih mahal. Akan tetapi Anda bisa perhitungkan juga jumlah anggota keluarga yang ikut serta daya angkut kendaraan sewaan tersebut. Apabila secara perhitungan nominal sama atau bahkan lebih murah, sering kali sewa mobil bisa menjadi alternatif.

Di beberapa kota dan negara anda bisa menyewa mobil ke pribadi-pribadi dibandingkan ke perusahaan besar. Hanya saja biasanya mobil-mobil tersebut tidak diasuransikan.

4. Lakukan jalan-jalan melihat objek wisata di kota tersebut
Mengambil tur objek wisata biasanya lebih murah dibandingkan melakukan tur sendiri. Dan biasanya mereka lebih terorganisir serta banyak tempat yang bisa dilihat.

5. Souvenir dan oleh-oleh
Ambil foto yang banyak di setiap kota dan tempat wisata, karena oleh-oleh yang paling berharga dan “murah” dari sebuah perjalanan adalah kenang-kenangan dan foto.

Suvenir dan oleh-oleh khas biasanya cukup mahal, serta memberatkan bagasi Anda. Hati-hati biaya ekstra bagasi. Di beberapa tempat wisata ada oleh-oleh gantungan kunci paket isi 10 atau 20, jadi bila terpaksa membawakan oleh-oleh untuk orang kantor atau keluarga, maka ini bisa menjadi pilihan yang murah meriah.

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menikmati liburan akhir tahun anda tanpa harus khawatir biaya yang besar.  Ingat liburan seharusnya membuat anda kembali bugar dan segar untuk bekerja, bukan justru sebaliknya stress memikirkan biaya atau utang karena liburan yang harus dicicil kembali. Selamat berlibur.

Sumber : Detik

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel