54 Rabu, 11 Desember 2013 | 11:44:36

Tips Menabung untuk Beli Rumah

tips-menabung-untuk-beli-rumah

Menabung memang bukan hal mudah untuk dilakukan. Anda membutuhkan konsisten yang tinggi agar tabungan Anda tidak hilang begitu saja. Terlebih untuk membeli sebuah rumah. Rumah tidak ada yang murah sekarang ini. Untuk membeli rumah Anda harus memiliki tabungan yang cukup. Berikut ada beberapa tips agar Anda dapat dengan mudah menabung:


1. Tujuan Menabung
Tujuan menabung adalah alasan mendasar mengapa Anda harus menabung. Pastikan tujuan Anda tersebut kuat, sehingga Anda akan semakin mantap untuk menabung. Jika Anda ingin memiliki tabungan beli rumah, maka langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu berapa uang muka yang harus Anda bayar untuk dapat membeli sebuah rumah.

Agar tujuan Anda tercapai, pastikan Anda tidak memiliki hutang. Jika Anda memiliki hutang, maka perioritas utama Anda pastilah melunasi hutang Anda tersebut. Setelah semua hutang Anda lunas, Anda baru dapat memulai untuk menabung.

2. Jadwal Dead Line
Menetapkan kapan tanggal dead line Anda dapat memiliki sebuah rumah dapat menjadi pemicu Anda untuk bersungguh-sungguh dalam menabung. Setelah Anda mengetahui berapa kisaran uang muka yang harus Anda bayar, Anda pun dapat memperkirakan kapan Anda dapat membeli rumah. Misal Anda menetapkan dua tahun dari sekarang Anda dapat membeli rumah, maka perhitungkan berapa besar tabungan yang harus Anda miliki waktu itu agar Anda dapat membayar uang muka rumah Anda.

3. Jumlah Uang yang Ditabung
Jumlah uang yang Anda tabung adalah selisih antara pendapatan Anda dengan jumlah pengeluaran untuk kebutuhan pokok bulanan Anda. Jumlah uang yang ditabung berkaitan dengan jadwal dead line yang telah Anda tetapkan. Berapa uang yang harus Anda miliki di dalam tabungan agar dapat membeli rumah dibagi dengan jangka waktu yang ada.

Pastikan untuk tidak terlalu memberatkan kebutuhan Anda setiap bulan. Sangat tidak logis jika Anda menabung dalam jumlah besar agar dapat mencapai target, tetapi di satu sisi kebutuhan pokok Anda tiap bulan tidak terpenuhi. Oleh karena itu, dalam menentukan jangka waktu dead line Anda harus mempertimbangkan pula kebutuhan pokok bulanan Anda.


4. Mencatat Pengeluaran
Pengeluaran bulanan prioritaskan untuk kebutuhan pokok. Catat dengan teliti hingga kebutuhan kecil seperti sabun dan sampo. Tekan keinginan Anda untuk berbelanja. Berbelanja cukup dilakukan sesekali waktu saja agar tabungan beli rumah Anda selamat.

Terkadang memang kita tidak sadar diri berbelanja dalam jumlah besar sehingga mengancam uang tabungan. Oleh karena itu, pastikan untuk menabung di tempat yang tepat dimana Anda yakin tidak akan mempergunakan untuk tujuan lain. Sekarang ini banyak fasilitas bank terkait tabungan berjangka untuk beli rumah yang dapat Anda coba.

Semoga sukses!

Sumber : Property Kita

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel