81 Senin, 09 Desember 2013 | 08:46:30

Sisihkan Uang 1 Persen Per Tahun, Rumah Anda Bebas Masalah!

sisihkan-uang-1-persen-per-tahun-rumah-anda-bebas-masalah

Siapa bilang menyisihkan sedikit uang adalah tindakan sia-sia? Menyimpan sejumlah uang untuk kejadian-kejadian darurat yang berhubungan dengan rumah Anda adalah tindakan cerdas. Sebab, tanpa terduga, Anda mungkin akan membutuhkannya untuk membetulkan plafon yang roboh akibat badai, atau kejadian-kejadian lainnya. Jika ternyata tidak terjadi apa pun, Anda juga bisa menggunakan uang tersebut untuk merawat rumah. Ingatlah bahwa rumah yang terawat bisa meningkatkan nilai investasinya!

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ketika ingin mulai menyisihkan sebagian uang untuk rumah adalah berencana. Rencanakan berapa besaran uang yang ingin Anda sisihkan setiap bulan dan sediakan akun khusus (di bank atau penyimpanan konvensional). Sebisa mungkin, gunakan simpanan ini untuk membiayai segala keperluan perawatan rumah.

Untuk memutuskan seberapa besar uang yang harus Anda kumpulkan setiap tahunnya, cobalah menghitung dari nilai rumah. Jika nilai rumah sekitar Rp 2 miliar, Anda butuh antara satu persen hingga tiga persen setiap tahunnya. Satu sampai tiga persen kira-kira Rp 20 juta sampai Rp 60 juta setiap tahun atau Rp 1,6 juta sampai Rp 5 juta per bulan.

Dana ini nantinya akan Anda gunakan untuk memelihara rumah dan mengganti material dan perlengkapan yang rusak.

Anda juga bisa memutuskannya berdasarkan anggaran seluruh anggota keluarga. Diskusikan hal ini, hitung seluruh anggaran masing-masing anggota keluarga, dan bagi menjadi 12. Jumlah yang keluar adalah jumlah yang bisa Anda simpan setiap bulan.

Minta juga pendapat dan bantuan dari bank tempat Anda menyimpan uang khusus untuk dana rumah tangga ini. Ada beberapa bank yang menyediakan penarikan otomatis dan mampu memindahkan sejumlah uang dari rekening Anda ke rekening rumah tangga.

Terakhir, ingatlah kembali bahwa merawat rumah Anda akan terbayar di masa depan. Jika tidak berencana pindah, Anda tentu bisa langsung merasakan nyamannya rumah terawat. Namun, jika berencana menjual rumah tersebut, Anda akan lihat bahwa nilai investasi akan bertambah.

Editor    : Hilda B Alexander
Sumber : Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel