83 Jum'at, 22 November 2013 | 05:59:50

Trik Menuju Good Money Habit

trik-menuju-good-money-habit

Tidak pernah ada kata terlambat untuk merubah kebiasaan kita dalam mengelola penghasilan. Berikut ini ada beberapa trik agar Anda punya good money habit.
 
1. Buat catatan pengeluaran dan rencana pengeluaran.
Bila pengeluaran anda lebih besar daripada anggaran, berarti anda hanya akan menunda kesulitan keuangan di masa mendatang. Selain itu, coba buat daftar apa saja yang anda punya dan apa saja yang masih anda hutang

2. Miliki rekening kedua untuk keperluan tabungan dan investasi.
Coba tanyakan kepada bagian keuangan di kantor, bolehkah sebagian dari gaji bulanan bisa langsung dikirim ke rekening khusus itu. Kalau anda bekerja sendiri, coba minta bantuan pihak bank anda. Apakah anda dapat memindahkan sejumlah saldo ke rekening kedua bila saldo di rekening pertama mencapai jumlah tertentu. Sehingga, tanpa sadar anda sudah membentuk kebiasaan baik untuk menyisihkan pendapatan untuk digunakan di masa depan.

3. Buatlah tujuan finansial untuk setiap dana yang Anda tabung.
Menyisihkan pendapatan untuk tujuan tidak jelas sangatlah membosankan. Apa sih yang anda inginkan? Pergi liburan, beli tas mahal, beli gadget terbaru, atau sekedar bisa pergi belanja ke mall tanpa beban? Coba cari gambar yang merepresentasikan impian Anda tersebut. Contohnya lokasi wisata, atau gambar mobil, atau apa saja yang ingin anda beli! Jadikan barang yang diinginkan menjadi motivasi untuk mengubah kebiasaan.

4. Mulailah rubah kebiasaan dalam mengelola uang dari hal-hal kecil.
Contohnya, kurangi frekuensi makan dan minum di kafe-kafe, biasakan membayar tunai, lebih cerdas dalam memilih barang belanjaan, atau mencari alternatif hiburan yang lebih ekonomis namun tetap menyenangkan. Apa yang menarik untuk setiap keluarga tentu berbeda-beda. Carilah apa yang menjadi prioritas hidup anda dan keluarga. Jadikan hal tersebut motivasi utama untuk merubah kebiasaan.

5.Ubah pola beli dulu, cicil kemudian.
Jika dana untuk membeli sebuah kebutuhan atau keinginan belum tersedia, maka ubahlah pikiran untuk beli sekarang mencicil kemudian. Cobalah balik pikiran anda menjadi cicil sekarang dengan menabung, lalu beli kemudian. Selain anda tidak perlu membayar bunga kredit, anda juga mendapatkan barang yang lebih baru kan?

Sumber : Zapfinance

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel