77 Rabu, 20 November 2013 | 11:59:11

Lebih Baik Menabung Uang atau Menyimpan Emas?

lebih-baik-menabung-uang-atau-menyimpan-emas

Pemilihan produk keuangan harus disesuaikan dengan rencana keuangan kita. Untuk tujuan apa uang ini nantinya, kapan akan dipakai, dan berapa target hasil investasi yang kita harapkan dari investasi tersebut. Berikut adalah fakta-fakta menarik tentang tabungan dan emas.

Tabungan
* Anda bisa mulai menggunakan tabungan dari nominal Rp 15.000 (produk Tabunganku yang tersedia di berbagai bank umum). Penambahan  dana juga umumnya tidak dibatasi.
* Mudah dicairkan kapan saja, terutama jika Anda memiliki kartu ATM.
* Modal awal investasi umumnya tidak akan berkurang.
* Investasi non-fisik, Anda tidak memegang langsung uangnya, melainkan mendapatkan bukti berupa buku tabungan atau rekening koran.
* Ada resiko jika bank terlikuidasi, maka jumlah dana simpanan Anda yang aman hanyalah sesuai jumlah dan suku bunga yang dijamin oleh pemerintah melalui Lembaga Penjaminan Simpanan.


Emas
* Anda bisa membeli emas dalam bentuk perhiasan atau logam mulia. Apabila membeli dalam bentuk logam mulia, bisa dimulai dengan satuan 1 gram hingga 1 kilogram. Dengan asumsi harga emas adalah Rp 500.000/gram, maka Anda butuh modal minimal Rp 500.000 untuk mulai berinvestasi di emas.
* Emas, apalagi logam mulia tergolong cukup likuid. Namun, tentu saja terbatas pada hari operasinya toko emas.
* Emas adalah investasi fisik. Sehingga ada resiko kehilangan berupa kecurian. Akan tetapi, Anda juga bisa merasa nyaman karena emas Anda dipegang oleh Anda sendiri.
* Emas punya resiko modal awal investasi berkurang.

Mana yang lebih menguntungkan? Sesuaikan dengan rencana keuangan Anda.

Sumber : Female Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel