74 Kamis, 07 November 2013 | 10:35:39

Liburan Hemat Perlu Direncanakan

liburan-hemat-perlu-direncanakan

Musim liburan tinggal dua-tiga bulan lagi. Anda tergiur untuk menerima ajakan teman untuk berlibur, tapi bagaimana bila keuangan sedang mepet? Mungkin, Anda bisa mencoba untuk mulai mengubah mindset, bahwa liburan sebaiknya direncanakan dengan cermat. Misalnya, pada bulan apa Anda hendak berlibur, berapa lama waktu yang akan Anda gunakan, dan dimana Anda akan menginap. Bila semuanya direncanakan sejak awal, Anda bisa berlibur setiap tahun dengan biaya yang lebih murah. Cara-cara di bawah ini bisa Anda pertimbangkan untuk merencanakan liburan murah.

Tentukan waktu yang tepat
Pertengahan tahun, atau akhir tahun, biasanya merupakan masa liburan favorit semua orang. Namun justru karena itulah, harga tiket dan hotel bisa melonjak naik. Anda masih bisa kok, liburan di tempat yang sama (bahkan di hotel yang sama) dengan biaya yang lebih ringan. Syaratnya, Anda berlibur di luar peak season. Menjelang masa liburan, atau sesudah musim liburan, tarif pesawat atau hotel biasanya sudah turun.

Tentukan lama liburannya
Liburan tak harus selalu dilakukan dalam waktu lama, apalagi jika dana sedang mepet. Liburan saat long weekend pun sudah cukup membuat tubuh dan pikiran rileks setelah didera pekerjaan yang bertubi-tubi. Dengan waktu liburan yang lebih singkat, tentu Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang terlalu besar.

Menabung sejak awal tahun
Jika Anda berencana untuk liburan saat peak season, cara termudah untuk menikmatinya tanpa terasa berat adalah menabung sejak beberapa bulan sebelumnya (tergantung kemampuan Anda). Misalnya budget untuk liburan adalah Rp 3 juta, maka sebulan Anda bisa menyisihkan sekitar Rp 300.000 untuk ditabung. Sisihkan lebih banyak jika Anda mendapatkan bonus khusus. Jika Anda termasuk penggila belanja, tentu Anda harus menabung lebih banyak.

Gunakan paket dari budget airlines
Buat perencanaan sejak awal, kapan Anda akan berlibur. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan tiket promo dari budget airlines dengan harga yang benar-benar murah. Anda bisa bergabung sebagai member di situs airlines semacam ini, untuk mendapatkan informasi lebih awal mengenai paket-paket promo yang ditawarkan. Kekurangan dari cara ini, Anda tak bisa membatalkan rencana perjalanan Anda. Jika Anda memesan tiket pesawat secara online pun biasanya tiket tak dapat dijadwalulang.

Pilih family room atau apartemen
Bila Anda berlibur bersama keluarga, memesan satu family room cenderung lebih menguntungkan daripada memesan dua kamar dengan satu ranjang tambahan. Alternatif lain adalah dengan menyewa apartemen untuk beberapa malam. Keuntungannya, di dalam apartemen Anda bisa menggunakan dapur untuk memasak makanan sendiri. Tentu, hal ini bisa dilakukan bila Anda bukan termasuk pemburu makanan lokal. Atau, Anda membawa anak-anak yang harus mengonsumsi makanan rumahan.

Pilih hotel "melati"
Saat berlibur, Anda tentu lebih memilih jalan-jalan ketimbang diam di dalam hotel, bukan? Jadi, untuk apa memesan hotel bintang tiga atau bintang lima? Kenyamanan itu hanya Anda dapatkan saat Anda tidur, kok. Di situs seperti indo.com/hotels, Anda bisa mencari hotel-hotel dengan tarif kamar yang murah. Bila Anda masih lajang, Anda juga bisa bergabung dengan komunitas CouchSurfing (www.couchsurfing.org) untuk mendapatkan tumpangan gratis saat berlibur ke luar kota atau luar negeri.

Sumber : Female Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel