78 Kamis, 07 November 2013 | 10:28:00

Cara Hemat Liburan ke Luar Negeri

cara-hemat-liburan-ke-luar-negeri

Selalu ada trik agar wisata ke luar negeri bisa lebih terjangkau, minimal lebih menghemat pengeluaran. Berikut beberapa tips agar wisata ke luar negeri bisa lebih hemat.

Pilih negara bebas visa
Biaya pembuatan visa memang bisa menguras anggaran berwisata. Contoh saja untuk visa ke Jepang, wisatawan asal Indonesia harus merogoh kocek sebesar Rp 300.000.

Nah, triknya adalah mengunjungi negara-negara bebas visa. Bagi warga negara Indonesia, ada beberapa negara yang bebas visa. Negara-negara masuk dalam ASEAN, kecuali Myanmar, merupakan negara bebas visa bagi WNI. Maroko, Makau, dan Hongkong, juga menerapkan bebas visa bagi WNI.

Cari negara dalam satu kawasan
Jarak selalu menentukan biaya, sebab biaya penerbangan bisa menghabiskan 50 sampai 70 persen dari anggaran perjalanan. Jadi, lebih hemat bila kamu memilih negara tetangga sebagai destinasi wisata.

Pilihan lain yang dapat menghemat adalah negara yang masih dalam satu kawasan, misalnya di kawasan benua Asia. Cek juga soal penerbangan, jika kamu penerbangan langsung, maka tiket pesawat pun bisa lebih murah.

Menjelajahi satu destinasi
Kamu akan lebih berhemat jika melancong di satu destinasi saja. Misalnya kamu ingin ke China, maka cukup mengelilingi Beijing saja untuk lebih menghemat. Bandingkan jika kamu ingin mengeksplorasi keseluruhan negara, ongkos transportasi pun akan membengkak.

Oleh karena itu, pilih destinasi yang memang menawarkan banyak obyek dan aktivitas wisata. Carilah yang sesuai dengan kesukaan kamu. Jika kamu penggemar sejarah, pilih destinasi yang merupakan kota heritage. Penggemar pantai, pilih destinasi kepulauan yang dikelilingi lautan.

Pilih waktu di luar musim padat kunjungan
Bisa dibilang setiap destinasi wisata di dunia memiliki musim padat kunjungan yang berbeda-beda. Walaupun pada umumnya keramaian berpusat di musim dingin atau akhir tahun, juga saat musim panas atau di tengah tahun.

Hindari melancong di musim padat kunjungan, karena harga-harga cenderung meroket. Selain juga terlalu ramai membuat liburan jadi tak nyaman.

Jika kamu berniat berwisata ke taman-taman wisata yang diperuntukan bagi anak-anak, sebut saja seperti Disneyworld, maka hindari saat musim liburan sekolah di destinasi tersebut. Di beberapa kota di Eropa dan Amerika Serikat, akhir tahun saat Natal dan Tahun Baru merupakan musim padat kunjungan.

Sementara di kawasan tropikal dengan nuansa pantai, musim padat kunjungan adalah di saat musim kemarau di sekitar bulan Juni-Agustus. Beberapa negara dengan resor ski bersalju, maka musim padat kunjungan adalah di musim ski di bulan November dan Desember.

Beli paketan
Coba cek di biro perjalanan wisata online maupun konvensional di destinasi setempat ataupun di Indonesia. Biasanya biro perjalanan wisata menjual paketan berupa tiket pesawat, hotel, dan rental mobil.

Jangan salah, seringkali membeli paketan malah lebih murah dibanding kamu belinya secara lepasan. Bisa juga cek maskapai, karena saat ini maskapai banyak yang menjual paket antara tiket pesawat dan hotel.

Sumber : Kliktoday

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel