98 Kamis, 07 November 2013 | 10:13:11

Cara Gampang untuk Menghemat Uang

cara-gampang-untuk-menghemat-uang

Bicara soal uang, kerap kali seseorang tak bisa menahan diri untuk membeli sesuatu. Apalagi saat itu dirinya sedang memegang uang. Maka tak jarang orang-orang menghabiskan uang untuk apa yang diinginkan daripada yang dibutuhkan. Boros, bisa jadi merupakan kebiasaan Anda. Padahal Anda tahu betul, tak akan setiap hari mendapat gaji. Baiknya Anda segera berhemat.

Jika banyak orang merasa kesulitan untuk berhemat. Ini dia cara gampang untuk menghemat pemakai uang seperti dilansir dari Complex City Guide.

1. Jangan bawa uang tunai terlalu banyak
Seringkali Anda membawa sejumlah uang lebih dari yang Anda butuhkan ke tempat belanja atau kemanapun. Jika begitu, Anda akan kesulitan menahan diri saat Anda melihat produk lain yang menarik. Bawalah uang tunai secukupnya saat Anda ke luar rumah. Siapkan kartu ATM berjaga-jaga

2. Sumbangkan waktu Anda, jangan uang
Jangan berlagak dermawan jika Anda sendiri masih kesulitan mencari uang. Biarkan Bill Gates saja yang melakukannya. Anda toh masih bisa menyumbangkan waktu Anda untuk melakukan hal-hal berguna bagi orang lain. Ingat, waktu adalah uang juga.

3. Jadi orang rumahan
Cara terbaik menghemat uang adalah dengan diam di rumah. Anda tak perlu cermas karena terbayang-bayang barang yang ingin Anda beli. Banyak hal menyenangkan yang bisa Anda lakukan di rumah seperti nonton TV dan sarapan murah. Dalam enam bulan saja, Anda bisa menghemat sejumlah uang.

4. Jangan beli barang di tempat baru
Pastikan Anda memiliki teman atau saudara di tempat Anda membeli barang. Dengan begitu Anda bisa mendapat potongan harga khusus yang tak diperoleh orang lain. Dengan begitu Anda akan lebih berhemat.

5. Jangan biarkan teman Anda main ke rumah
Tempat tinggal Anda bukan hotel dimana pengunjungnya harus bayar sewa kamar dan sarapan. Jika teman Anda datang dari luar kota, dan bermaksud tinggal di rumah Anda sementara waktu, segera tawarkan penginapan murah di tempat lain. Anda juga tak perlu repot-repot bangun pagi menyiapkan sarapan.

6. Menumpang akses internet gratis
Pada saat tertentu, Anda akan membutuhkan akses internet. Jangan pasang internet sendiri di rumah Anda. Cobalah cari tempat-tempat yang menyediakan akses internet gratis seperti restoran. Duduklah di sekitarnya dan nikmati akses internet gratisnya.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan akses internet gratis dari tetangga-tetangga Anda yang tak mengunci akses `wi-fi` nya. Tenang saja, ini bukan mencuri. Di abad 21, hal ini sama dengan meminta secangkir gula.

7. Makan di rumah
Jika Anda sering memesan makanan lewat telepon atau makan di luar, hentikan kebiasaan ini. Masak di rumah dan Anda bisa menentukan menu sendiri. Bonusnya saat Anda tak makan di luar, Anda tak perlu memberikan tips pada pelayan. Ini adalah tambahan uang bagi Anda.

8. Berhenti merokok
Anda bisa lebih berhemat jika Anda berhenti merokok. Belum lagi, waktu yang biasanya Anda habiskan untuk merokok bisa digunakan untuk menghasilkan uang. Jika Anda benar-benar merokok, dekati teman Anda yang sedang merokok, dan mintalah satu atau dua batang rokok darinya.

9. Jika Anda pria, Sering-sering main ke rumah pacar Anda
Jangan biarkan kantong Anda terkuras karena harus jalan-jalan dengan pacar Anda. Bayangkan betapa borosnya Anda, harus membeli tiket nonton dan makan. Main ke rumahnya akan membuat Anda lebih hemat. Selain itu, Anda juga bisa dapat makan dan minum gratis di sana.

10. Tak usah merayakan ulang tahun orang lain
Mengucapkan ulang tahun pada teman atau pacar, cukup lewat jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter. Dengan begitu, Anda tak perlu keluar banyak uang, dan tetap perhatian pada teman dan pacar Anda. (Ndw)

Sumber : Liputan6

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel