126 Rabu, 16 Oktober 2013 | 05:33:47

3 Kunci Cegah Pengeluaran Tak Terkendali

3-kunci-cegah-pengeluaran-tak-terkendali

Anda pasti paham pentingnya menabung. Namun, bukannya menyimpan uang, seringkali Anda malah mengeluarkannya. Terkadang, semakin besar niat Anda menabung, semakin besar juga uang yang dikeluarkan tanpa kendali. Coba simak trik ampuh dari Beth Kobliner, penulis buku Get a Financial Life, agar Anda bisa meredam keinginan untuk mengeluarkan uang dan lebih banyak menabung:

1. Berhentilah berusaha menabung. Ketika Anda berusaha menyisihkan uang dari gaji pada akhir bulan untuk menjadi tabungan, yang sering terjadi Anda malah menghabiskan seluruh gaji itu sehingga tidak ada sisa untuk ditabung. Untuk itu, Kobliner menganjurkan agar Anda bersikap tegas dengan segera mengalihkan sebagian uang begitu diterima. Salah satu caranya adalah dengan memiliki asuransi yang harus dibayar setiap bulan. Dengan adanya "pengeluaran wajib" seperti ini, Anda tidak akan mencoba untuk mengeluarkannya secara tidak bijak.

2. Gunakan uang tunai. Studi yang dilakukan oleh peneliti dari MIT menemukan, orang-orang lebih rela membayar dengan kartu kredit daripada tunai. Artinya, begitu mereka memegang sejumlah uang dalam bentuk tunai, otomatis mereka akan lebih berhati-hati dalam menghabiskannya. Karenanya, Kobliner menganjurkan untuk menggunakan kartu kredit hanya untuk pengeluaran yang besar. "Sementara untuk keperluan sehari-hari, gunakan uang tunai," tambah Kobliner.

3. Sedang bad mood? Di rumah saja!
Survei membuktikan, orang akan lebih banyak mengeluarkan uang di saat suasana hatinya sedang buruk. Karenanya, apabila Anda baru saja bertengkar dengan pasangan, atau sedih karena dapat teguran keras dari atasan di kantor, berdiamlah diri di rumah pada akhir minggu. Mendengarkan musik favorit sambil membaca buku adalah cara yang "ekonomis" untuk meredam emosi negatif, daripada berjalan-jalan ke mal dan menghabiskan uang.


Penulis : Irene J. Haris
Editor : Dini
Sumber : kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel