105 Kamis, 03 Oktober 2013 | 05:27:29

Cara Bijak Menggunakan Uang

cara-bijak-menggunakan-uang

Bagaimana cara Anda menggunakan uang menentukan kebahagiaan. Anda bisa merasa lebih puas dan tenang dengan apa yang Anda miliki, termasuk dalam hal keuangan, kalau Anda lebih bijak menggunakannya. Termasuk dengan cara sederhana berikut ini:

Beramal
Kalau Anda merasa gaji pas-pasan terus padahal sudah ada kenaikan, mungkin ada yang belum Anda lakukan. Menurut penelitian, bila kita tak pernah puas dengan apa yang kita dapat dan selalu merasa kekurangan, tandanya kita kurang beramal.

Pasalnya, kebahagiaan tak selamanya bergantung pada jumlah uang yang kita miliki, namun bagaimana kita mengaturnya serta membaginya pada mereka yang membutuhkan.

Misalnya, menyumbangkan untuk proyek pelestarian lingkungan atau memberi modal usaha. Dengan begitu, kita tak akan hanya melihat "ke atas" atau iri dengan rekan lain yang punya koleksi tas atau mobil banyak. Cara ini dinilai ampuh membuat kita lebih bahagia dan bersyukur.

Dana darurat
Tanggal tua selalu merana? Investopedia.com memberikan cara mudah yang bisa dipakai sebagai suntikan dana darurat bila gaji habis sebelum waktunya:
* Simpan kembalian. Jangan remehkan uang logam Rp 500. Bila dikumpulkan dalam botol air mineral ukuran sedang, ia bisa mencapai angka Rp 80.000. Jadi, siapkan dompet koin untuk mengumpulkan uang logam dan tabunglah. Ini berguna untuk membayar ongkos atau parkir mobil.
* Amankan "uang kaget". Bila menemukan uang di saku celana namun gaji masih cukup banyak, simpanlah sebagai dana darurat. Bila tergiur memakainya, pakai setengan saja, sedang sisanya ditabung.

(Majalah Chic/Yunda)
Sumber : kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel